Apakah kalian tau apa yang dimaksud dengan Product Innovation?

Apakah kalian tau apa yang dimaksud dengan Product Innovation?

Product Innovation adalah pemenuhan terhadap kebutuhan manusia. Banyak perangkat yang didaur ulang atau diciptakan  dengan adanya nilai tambah tersebut.

Product innovation adalah suatu cara memberikan nilai tambah pada barang  yang sudah ada. Dengan adanya nilai tambah ini tentu saja akan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan sekitar. Pemberian nilai tambah ini juga mengakibatkan terciptanya produk baru dengan tujuan memenuhi kebutuhan pengguna.

Termasuk Product Innovation adalah Kebutuhan Manusia

Product Innovation adalah pemenuhan terhadap kebutuhan manusia. Banyak perangkat yang didaur ulang atau diciptakan  dengan adanya nilai tambah tersebut.

Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman  merupakan kebutuhan dasar manusia yang dapat diberikan nilai tambah.Pemberian nilai tambah ini dapat berupa peningkatan kualitas makanan. Pemberian bahan tambahan makanan seperti perasa, perisa, pewarna dan pengawet merupakan salah satu  inovasi produk.

Makanan dan minuman yang  disajikan dalam keadaan aslinya, kini  diperoleh dalam bentuk aneka ragam jenis yang berbeda. Hal ini berlaku juga dengan pengembangan makanan dan minuman menggunakan bahan baku utama yang sama.

Kemasan

Kemasan juga merupakan salah satu bentuk inovasi produk.Dari yang awalnya berupa plastik, sekarang dapat ditemukan kemasan berbahan baku kertas namun memiliki sifat yang hampir sama dengan plastik.

Tujuan Inovasi Produk

Tentunya pengembangan produk suatu barang memiliki tujuan yang sudah diperhitungkan dengan sangat rapi. Hal ini tentu sejalan bahwa produk yang diberikan nilai tambah tadi harus memiliki  manfaat bagi penggunanya.

  • Meningkatkan kualitas produk yang sudah ada sehingga lebih baik dari sebelumnya.
  • Meningkatkan kualitas hidup pengguna dengan cara menciptakan produk yang memecahkan masalahnya.
  • Meningkatkan efisiensi produk. JIka produk lama dinilai tidak ekonomis tentu saja perlu dikembangkan untuk mendapatkan produk yang lebih ramah secara ekonomi.
  • Strategi marketing.Perusahaan yang perlu melebarkan bisnisnya tentu saja memerlukan produk yang dapat  menarik perhatian penggunanya. Dengan demikian, product innovation  juga berfungsi sebagai strategi pemasaran  bagi  bisnis yang akan dikembangkan.

Nah, dengan kemajuan teknologi yang ada, Anda sekarang mengetahui bahwa product innovation adalah suatu cara untuk meningkatkan kualitas  hidup manusia. Anda dapat mengunjungi Website Fakultas Desain Produk Universitas Telkom untuk  inovasi yang lainnya.

https://it.telkomuniversity.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *