Bagaimana SEO Bekerja?

Bagaimana SEO Bekerja?

Apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya? Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana para marketer menggunakan Search Engine Optimization untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan meningkatkan traffic kunjungan website. SEO adalah salah satu strategi terpenting yang wajib kamu pelajari bila ingin meningkatkan taffic kunjungan ke suatu website. Cara nya yaitu dengan meningkatkan visibilitas website Anda di mesin Pencari Google secara organic, alias tidak berbayar. Lalu bagaimana cara SEO Bekerja? Pada artikel ini akan dibahas mengenai proses dan prinsip SEO yang digunakan oleh para marketer untuk mengoptimasi website di mesin pencari.

Apa itu SEO?

Sebelum kita belajar mengenai cara kerja SEO penting bagi kita untuk mengetahui tentang Apa itu SEO. SEO adalah singkatan dari search engine optimization merupakan suatu upaya mengoptimasi website agar mampu bersaing dan berada di page one mesin pencari Google ketika seseorang mengetik suatu kata kunci tertentu.

Mengapa Google? Dari sekian banyak mesin pencari seperti Bing, Amazoon, Yahoo!, Google merupakan search engine favorite bagi para pengguna internet. Banyak pengguna percaya bahwa Google merupakan mesin pencari tercepat dan paling bisa diandalkan karena berbagai alasan seperti cepat dan mudah memuat seluruh informasi, sederhana, dan mudah digunakan. Keuntungan yang didapatkan bila suatu website berada di Page One Google yaitu mudah di temukan oleh para pengguna internet sehingga berpotensi untuk mendapatkan traffic kunjungan ke website melalui pencarian organic (Organic Search). Namun fakta unik nya adalah Strategi optimasi SEO ini terus berubah karena Google akan selalu memperbarui algoritmanya dari waktu ke waktu. SEO layaknya never-ending battle  untuk mendapatkan lebih banyak perhatian pada situs website Anda dan meyakinkan Google bahwa situs Anda layak untuk bersaing di page one.

Cara Kerja SEO?

SEO selalu berubah mengikuti algoritma dari suatu mesin pencari. Cara Kerja SEO meliputi beberapa hal yaitu :

1. Crawling

Crawling yaitu proses pengumpulan informasi dari semua halaman website yang terhubung pada situs website tersebut. Proses ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler dalam search engine Google.

2. Indexing

Indexing adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan yang berada pada suatu website tertentu dalam database search engin. Jadi setelah proses crawling Google akan menyimpan informasinya ke dalam database.

3. Processing

Processing ini dilakukan setelah search engine menerima permintaan pencarian dari pengguna internet contohnya dengan mengetikkan keyword “Telkom University” pada mesin pencarian, maka Google akan membandingkan keyword “Telkom University” dengan halaman website lainnya dari berbagai situs, yang telah ter-index di database milik nya.

4. Calculating Relevancy

Pada satu halaman website pasti memiliki lebih jumlah kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencarian. Contoh saja pada kata kunci atau keyword “Apa itu SEO”, pada mesin pencari akan melakukan proses dengan menghitung relevansi dari kata kunci tersebut.

5. Retrieving Result

Langkah terakhir adalah mengambil hasil yang paling relevan dari kata kunci atau keyword yang telah diproses sebelumnya. Kemudian ditampilkan di hasil mesin pencarian atau search engine yang ada di browser. Hasil ini ditampilkan secara berurutan, berdasarkan topik yang relevan serta peringkat konten website.

Apa Faktor SEO yang paling penting?

Sebelum masuk ke pembahasan Faktor terpenting SEO, tentunya anda sering mendegar beberapa pertenyaan berikut

  • Apakah SEO semua tentang tautan link?
  • Apakah struktur URL benar-benar penting?
  • Apa sebenarnya meta description?
  • Apakah memposting artikel dengan 2,000 kata empat kali sehari mampu meningkatkatkan SEO?

Bila anda bertanya mengenai factor terpenting dari SEO, jawaban yang akan kalian dapatkan yaitu “Yah itu tergantung dari…”. Karena faktanya adalah tidak ada satu Golden SEO Factor yang dapat mengungguli yang lainnya.

  • Apakah tautan link itu penting? Ya, tetapi hal tersebut harus make sense.
  • Apakah memiliki suatu tautan link membuat website mendapatkan peringkat tertinggi? Mungkin, tapi belum tentu.
  • Apakah panjang konten penting? Ya, tetapi artikel yang panjang namun kurang berkualitas tidak akan mengungguli artikel yang pendek namun berkualitas.

Baca Juga : Workshop Growing with Diib: Live Demo and Q&A Session

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan SEO Untuk Bekerja?

Lagi lagi jawaban dari pertanyaan ini adalah “itu tergantung”. Hanya Google yang tahu persis bagaimana algoritmanya bekerja. Anda dapat mengunjungi Google Search Central Blog Google untuk melihat informasi terbaru Google. Mengapa selalu berubah? Alasannya, Google ingin selalu meningkatkan kualitas hasil pencarian agar pengalaman penggunanya menjadi lebih baik. Dengan memahami dan mengikuti update-an terbaru dari algoritma Google, tentu Anda akan mudah mengetahui strategi apa yang harus dicoba untuk dapat menempati posisi pertama di SERP.

Apa perbedaan On Page SEO dan Off Page SEO?

Mungkin banyak dari kalian bertanya tanya mengenai 2 hal ini. SEO on-page mengacu pada suatu optimasi yang dilakukan pada situs website secara teknis maupun konten yang berdampak pada SEO. Misalnya, menambahkan peta situs XML untuk meningkatkan SEO Anda, optimasi meta title, meta description, Alt Text dll. Sedangkan SEO off-page mengacu pada strategi SEO di luar situs web Anda, seperti membangun suatu link building.

 

Apakah Link Building sulit? Tidak Bisakah Saya Membeli Tautan Saja?

Ini adalah pertanyaaan yang banyak ditanyakan oleh para pengguna internet. Jawabannya adalah Ya, Anda bisa membeli nya. Tapi hal ini seringkali membuat strategi SEO menjadi tidak efektif karena banyak adanya praktik yang menyalahi aturan milik Google dan bersifat jangka pendek.

Ada beberapa cara natural yang dapat Anda coba selain membeli link building antara lain:

  • Guest post atau berkomentar positif di website .edu
  • .gov
  • .org
  • Menulis artikel di media press release, berita, majalah
  • Menautkan Internal link pada website
  • Social Media Profile Link
  • Social Media Post Links
  • Links dari Ebooks
  • Google My Business Link
  • Infographic Links
  • Links dari website Q&A
  • Link dari signature Email
  • Links dari Youtube Videos (Bagian Deskripsi)
  • Links dari SlideShare
  • Wikipedia
  • Analisis Competitors Link

Membuat link building secara natural tentu memberikan dampak dan manfaat jangka Panjang, dibandingkan yang di lakukan secara buatan bahkan sampai menyalahi aturan Google.

Apa SEO Faktor yang mendominasi saat ini?

Setelah anda mempelajari memahami dasar dasar SEO, kita akan masuk ke pembahasan inti mengenai beberapa faktor SEO paling kritis. Perlu diingat bahwa tren SEO berubah secara terus-menerus, dan apa yang berhasil sekarang mungkin bisa saja menjadi tidak berfungsi dalam beberapa bulan kedepan. Berikut adalah beberapa Faktor Sukses SEO antara lain :

Konten Yang Relevan dan Berkualitas lah Pemenangnya

Mengapa demikian? Ada banyak faktor penting dalam optimasi teknis SEO khusus nya On-Page SEO mulai dari anchor text, struktur URL, dan sebagainya. Namun hal terpenting adalah konten yang berkualitas tinggi. Jika Anda melakukannya dengan benar, SEO anda tentu menjadi lebih kuat dan bersifat jangka Panjang. Jadi buatlah konten yang relevan dan berkualitas bila meginginkan website Anda bersaing di halaman pertama Google.

Apa yang di maksud dengan konten berkualitas tinggi?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat ingin membuat konten yang berkualitas :

  • Kata kunci masih menjadi critical point, tetapi konteks lebih penting. Google crawlers kini menganalisis konteks dan mencari kata kunci sekunder terkait sesuai dengan topik website anda
  • Sertakan judul yang jelas, menarik dan kaya kata kunci, deskripsi meta, atribut alt, tag H1, dan URL. Faktor-faktor ini tentu membantu memberi tahu Google bahwa situs Anda relevan serta membantu menaikkan rank.
  • Panjang Artikel penting, tetapi relevansi lebih penting. Google mengatakan bila, “Jumlah konten yang diperlukan agar halaman dapat terindeks dengan baik tergantung pada topik dan tujuan halaman.”

Kesimpulannya, pastikan bahwa semua konten website Anda ditulis untuk kepentingan manusia terlebih dahulu agar dapat di referensikan, baru selanjutnya di optimasi berdasarkan aturan milik Google.

 

Metadata Penting

Metadata adalah judul dan baris teks deskripsi yang muncul pada halaman hasil pencarian milik Google. Berikut adalah contoh dari Metadata. Mengoptimalkan metadata cukup sederhana yaitu:

  • Sertakan kata kunci yang relevan tetapi tidak berulang dalam judul dan deskripsi.
  • Singkat dan Jelas, tapi tidak terlalu pendek. Google memotong deskripsi meta sekitar 160 karakter, jadi buatnya dengan jumlah character yang sesuai
  • Buat Metadeskripsi dengan jelas dan ringkas sehingga pengguna mudah menentukan topik pembahasan suatu artikel.
  • Pikirkan bahwa metadata adalah iklan untuk konten website Anda.
  • Gunakan metadata untuk sebagai media untuk mendatangkan klik dari pembaca, dengan cara membuat judul dan metadata semenarik mungkin sisipkan juta keyword yang telah anda analisis sebelumnya.

Tautan penting, tapi…

Tautan tentu merupakan salah satu aspek penting dari SEO. Tautan berfungsi sebagai “vote” yang memberi tahu Google bahwa situs lain menganggap konten Anda berguna dan relevan. Semakin banyak tautan relevan berkualitas tinggi yang Anda peroleh, semakin tinggi peringkat situs Anda. Satu hal yang perlu Anda ketahui mengenai tautan yaitu kualitas lebih penting daripada kuantitas.

Jadi Jika Anda berinvestasi dalam pembuatan tautan sebagai bagian dari upaya SEO Anda, targetkan tautan yang berasal situs web populer yang relevan dengan topik dan niche website yang sama.

User Experience (UX) Mempengaruhi Peringkat

Tampilan UX dari suatu website tentunya memberikan pengaruh bila anda ingin untuk berada di halaman pertama Google. Namun, ada banyak faktor yang mempengaruhi User Experience ini seperti infrastructure dan layout, content, dan sebagainya yang membuat indicator ini sulit diukur. Jika Anda ingin mengoptimasi SEO, tampilan UX juga harus menjadi prioritas utama. Berikut adalah beberapa cara untuk mengoptimalkan UX pada SEO :

  • Analisis time on page, CTR, dan bounce rate website Anda. Hal ini mungkin tidak memberikan rangking factors secara lagsung, tetapi dengan mengoptimasi beberapa hal tersebut akan memberikan engagement yang tinggi. Statistic mengenai time on page, CTR, dan bounce rate sangat membantu melihat content’s performance website anda. Contoh pada Bounce Rate Semakin tinggi persentase Bounce Rate, semakin buruk performa website Anda terutama di mesin pencari. Secara sederhana, Bounce Rate yang tinggi menunjukkan durasi sesi pengunjung ke website Anda pendek, pengunjung mengunjungi salah satu laman dan kemudian keluar atau mengakhiri sesi. Hal ini terjadi karena beberapa factor mulai dari tampilan UX yang kurang menarik, kecepatan website, tidak ada nya internal link atau konten yang kurang menarik.
  • Buat situs Anda mudah untuk dinavigasi. Tingkatkan navigasi situs web Anda untuk memastikan pengguna dengan cepat menemukan halaman yang mereka cari. “Semakin sederhana, semakin baik”.
  • Kecepatan situs website sangat penting. Kompres gambar, pengoptimalan kode dan struktur, dan server yang lebih cepat akan sangat membantu dari segi kecepatan website.

Performa Website pada Perangkat Mobile

Pada tahun 2018, Google merilis algoritma baru mengenai mobile-first, yang berarti mesin pencari menggunakan versi seluler situs untuk menentukan peringkat situs Anda dalam crawling mereka. Langkah ini tentunya masuk akal mengingat lebih dari 50% pengguna internet berasal dari device  perangkat seluler/mobile dalam mencari suatu informasi di internet.

Apa artinya itu bagi SEO?

  • Pertama, Google menyarankan untuk mengoptimasi tampilan, desain, kecepatan website di perangkat seluler yang responsive.

Jangan Abaikan Voice Search

Maraknya teknologi voice search assistant mendorong Google untuk merilis BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers). BERT adalah algoritma Google yang dibuat untuk memahami bahasa sehari-hari. Tentunya, ini bertujuan agar hasil pencarian untuk voice search, yang umumnya menggunakan bahasa sehari hari.

Apakah pencarian suara itu penting? Itu benar.

Pencarian suara semakin populer dan kemungkinan akan ada banyak perkembangan. Saat ini Voice Search mungkin tidak menjadi prioritas SEO #1 Anda, tetapi akan sangat baik untuk mulai mengoptimalkan Voice Search ini. Berikut ini adalah hal hal yang dapat anda lakukan dalam mengoptimasi Voice Search :

  • Gunakan bahasa alami dalam konten dan jawab pertanyaan.
  • Buat beberapa cuplikan unggulan.
  • Membuat dan markup halaman FAQ (gunakan skema Tanya Jawab).
  • Mengoptimalkan konten dengan kata kunci long tail dan melakukan keywords research.
  • Anda juga bisa memperhatikan kueri pertanyaan yang muncul di bagian People also ask Google dan menambahkan nya pada isi konten.

Baca Juga : MOZ Pro Walkthrough Overview

3 Tips Agar Anda Berhasil Dalam SEO

Bila Anda ingin website berhasil rank di mesin pencari coba untuk menerapkan hal-hal teknis dan prinsip-prinsip SEO yang telah dijelaskan diatas. Namun perlu di ingat bahwa Hal-hal teknis tersebut akan berubah, tetapi 3 tips SEO ini akan tetap bertahan di masa depan, yaitu:

1. Gunakan Cara white Hat

Bagi anda para markerter tentu tidak asing lagi dengan istilah black hat, white hat, dan gray hat SEO. Beberapa cara ini tentukan meemberikan keuntungan dan kerugian tersendiri.

Black hat SEO mengacu pada praktik yang sepenuhnya bertentangan dengan ketentuan Google. Contoh Seperti membangun beberapa situs buatan yang saling terhubung satu sama lain untuk membangun link atau biasa disebut dengan PBN (Private Blog Network).

Lalu ada Grey Hat, yang mungkin tidak salah secara teknis tetapi berjalan di garis tipis (abu-abu).

White Hat lah yang berada di papan teratas. Mengapa? Karena dengan cara ini praktik SEO benar-benar mengikuti aturan milik Google.

Banyak praktisis SEO menggunakan cara Grey hat maupun Black Hat. Betul bila kedua cara ini dapat mendatangkan traffic kunjungan dalam waktu singkat dan luar biasa, namun cara ini tidak akan memberikan dampat jangka Panjang, Akan sangat mudah bagi Google mengetahui website website buatan dengan cara tersebut.

Untuk berhasil dalam SEO, Anda perlu melakukan hal-hal dengan cara yang benar. Jika ada sesuatu yang terasa tidak beres – seperti membeli atau menjual tautan tersebut  percayalah bila hal itu tidak sebanding dengan risiko jangka Panjang yang akan ditimbulkan.

2. Baca Tips dari Pakar SEO yang terpercaya.

Pastikan bahwa sumber Anda memiliki reputasi baik dibidang SEO. Perhatikan apa yang Anda baca adalah informasi yang berasal dari Google langsung dari orang-orang seperti John Mueller dan Gary Illyes dll.

3. Uji, uji, dan uji lagi SEO Strategi Anda

SEO adalah tentang menentukan apa yang berhasil untuk situs Anda. Coba lah untuk banyak mencoba hal hal baru mengenai strategi SEO dan analisis dampak dampaknya pada website Anda. Jika Anda menerapkan praktik terbaik SEO dan menguji nya secara konsisten, Anda dapat bersiap saat angin berubah. Pengujian adalah bagian abadi dari setiap strategi SEO.

Kesimpulan

SEO merupakan metric yang terus berkembang dan berubah dari waktu ke waktu. Hanya Google yang mengetahui detail penilaian dari suatu website. Akan ada berbagai praktisi SEO yang menawarkan berbagai formula Ajaib yang dapat membuat website Anda meroket ke SERP terbaik.

Sayangnya, SEO tidak bekerja seperti itu. Ada aturan dan praktik terbaik, tetapi inti dari SEO adalah mencari tahu apa yang berhasil untuk situs atau Anda dan kemudian mengubahnya ketika berhenti bekerja. Hal yang dapat terus anda lakukan adalah awasi competitor anda, mengikuti praktik SEO yang sejalan dengan aturan Google dan Terus menguji strategi SEO pada website Anda.

Referensi :

https://www.searchenginejournal.com/seo-guide/how-seo-works-today/#close

https://www.niagahoster.co.id/blog/algoritma-google-terbaru/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.