Cikal Bakal Universitas Telkom Masa Kini

Cikal Bakal Universitas Telkom Masa Kini

Telyu, nama beken dari Universitas Telkom, kampus kenamaan incaran banyak mahasiswa yang tertarik bidang kreatif dan telekomunikasi, kenali sejarahnya yuk!

Siapa yang tidak mengenal Universitas Telkom? Sebuah kampus bergengsi yang menjadi pioner dalam bidang pendidikan bagi pengembangan teknologi informasi. Keberadaannya bagai sebuah mercusuar.

 

Sebelum menjadi sebuah universitas, ada sebuah sejarah yang perlu diketahui bersama. Tentu saja ini adalah hal wajib yang perlu diketahui bersama. Demi bisa menyerap semangat dan visi misi para pendiri.

Sejarah Universitas Telkom

Universitas Telkom hadir pada tahun 2013. Ini terjadi setelah adanya proses meleburnya empat lembaga perguruan tinggi. Mari berkenalan keempat lembaga pendidikan tersebut. Supaya benar bisa mengerti semangat dari berdirinya universitas.

Politeknik Telkom

Merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berbentuk sekolah vokasi, dengan spesialisasi pada bidang :

  1. Teknik Informatika

  2. Komputer Akuntansi

Institut Teknologi Telkom

Lebih terkenal dengan nama IT Telkom. Merupakan sebuah perguruan tinggi yang berada dibawah Yayasan Pendidikan Telkom. 

 

Sebelum berubah nama, dulu kampus ini bernama STT Telkom, bergerak dalam hal penyediaan lulusan yang siap kerja di bidang pengembangan teknologi dan industri komunikasi.

Institut Manajemen Telkom

Hadir sebagai sebuah bentuk pertanggungjawaban dari PT Telkom dalam program Good Corporate Citizenship. Sehingga hadirnya memiliki tujuan untuk bisa berkontribusi dalam upaya mencerdaskan warga masyarakat Indonesia. 

 

IM Telkom, biasa disingkat, hadir dengan beberapa pilihan program pendidikan. Berikut penjabaran program pendidikan tersebut.

  1. Program Pasca Sarjana : 1 Bidang Jurusan

  2. Program Strata 1: 6 Bidang Jurusan 

  3. Program Diploma 3 : 1 Bidang Jurusan

Sekolah Tinggi Ilmu Seni dan Desain Telkom

Berdiri tahun 1990, dengan nama Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia. Seiring berjalannya waktu, nama ini berubah dan menyesuaikan. 

 

Tujuan dari berdirinya kampus ini pada saat itu adalah demi siapnya tenaga kerja yang tidak hanya mahir dalam bidang kreatif. Namun juga siap untuk terjun berwirausaha, membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

 

Demikianlah penjabaran singkat mengenai profil dari keempat kampus yang melebur menjadi satu dengan nama baru tersebut. 

 

Dari sini terbukti, bahwa keempatnya berada dalam satu naungan yayasan pendidikan yang sama.Sehingga tindakan peleburan menjadi satu kampus besar yang kuat dan lengkap tidaklah sulit. 

 

Pasalnya, hanya perlu menyiapkan beberapa sinkronisasi internal dalam tubuh kampus saja. Bersatu menjadi Universitas Telkom. Untuk informasi lebih jelas mengenai kondisi terkininya, bisa mengakses link website berikut, https://it.telkomuniversity.ac.id

https://it.telkomuniversity.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *