Maju Bersama WRAP Telkom University

Maju Bersama WRAP Telkom University

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mencanangkan kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka di awal 2020. WRAP Telkom University berusaha menerapkannya.

Program kuliah WRAP Telkom University diselenggarakan untuk menjawab tantangan dari kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.  Kebijakan yang dicanangkan tersebut adalah Merdeka Belajar, Kampus Merdeka melalui Permendikbud No. 3/2020, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Mahasiswa harus bisa belajar mandiri dan bisa bekerja secara mandiri mulai dari sekarang hingga pada saatnya nanti.

Tantangan Perguruan Tinggi semakin lama, semakin meningkat. Perguruan Tinggi dituntut untuk menghasilkan para lulusan yang mandiri, bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dengan masuk ke dalam dunia bisnis. Selain itu, mereka juga diharapkan untuk mampu bersaing di dunia kerja secara global dengan memiliki kompetensi yang dibutuhkan.

Terlebih saat ini kita berada pada era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19, dimana Perguruan Tinggi dan para mahasiswa harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut. Hal ini mengakibatkan tantangan yang dihadapi semakin kompleks.

 

Apa Itu WRAP Telkom University?

 

WRAP merupakan akronim dari Work Ready Program, yaitu Program Siap Kerja. WRAP Telkom University  merupakan salah satu program baru di Perguruan Tinggi tersebut. Hal ini dituangkan pada kurikulum baru yang diterapkan dalam perkuliahan semester ganjil 2020/2021, yang dinamakan sebagai kurikulum 2020.

WRAP Telkom University terbagi atas 4 jenis, yaitu:

  1. WRAP Internship

Meliputi program magang di perusahaan-perusahaan besar dalam jangka waktu tertentu dengan kegiatan yang relevan dengan kurikulum.

  1. WRAP Apprenticeship

Meliputi program magang di perusahaan-perusahaan besar dalam jangka waktu tertentu dengan seperangkat keahlian khusus yang dibutuhkan oleh perusahaan tertentu.

 

  1. WRAP Entrepreneurship

Meliputi program keterlibatan dalam suatu rintisan bisnis (startup business).

  1. WRAP Research

Meliputi program keterlibatan sebagai tenaga peneliti di suatu pusat penelitian.

Program kuliah ini sangat sesuai dengan kondisi sekarang yang selalu mengalami perubahan, serba digital, inovatif, kreatif, dan adaptif. Jika lulusan Perguruan Tinggi tidak memiliki sifat dan karakter demikian, maka kemungkinan mereka akan tergilas oleh persaingan yang semakin ketat. Oleh sebab itu, mari belajar bersama melalui WRAP Telkom University untuk masa depan yang lebih cerah!

https://it.telkomuniversity.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *