Mengenal Lebih dalam Karir Programmer Komputer

Mengenal Lebih dalam Karir Programmer Komputer

Peluang karir sebagai programmer komputer kini semakin terbuka luas, karena banyaknya perusahaan teknologi yang baru didirikan.

Perkembangan teknologi kian canggih sekarang ini, sehingga tidak heran jika semakin banyak perusahaan teknologi yang didirikan. Peluang karir sebagai programmer komputer pun terbuka lebar. Bahkan gaji yang ditawarkan juga terhitung tinggi. 

Programmer dengan kemampuan skill tinggi selalu menjadi buruan perusahaan teknologi yang kini terus bertambah. Tertarik untuk mencoba peruntungan di bidang ini? Simak terus artikel ini. 

Programmer Komputer dan Seluk Beluknya

Spesialis bahasa program komputer biasanya memiliki keahlian untuk menulis kode khusus dalam membuat software di komputer. Kode yang digunakan menggunakan bahasa khusus komputer, sehingga bisa dipahami dan dijalankan sesuai instruksi. 

Terkadang developer juga bekerja sama dengan programmer komputer untuk membuat sebuah perangkat lunak. Jika sebuah program mengalami permasalahan, mereka juga bekerja untuk memperbaikinya. Selain itu ada beberapa tanggung jawab lain yang dipegang oleh Programmer, contohnya seperti berikut :

Membuat program 

Tugas utama seorang programmer adalah menciptakan program khusus. Untuk itu mereka harus menguasai serta mampu menulis bahasa pemrograman, misalnya java. Dengan kode tersebut, dapat dibuat sebuah program yang instruksinya bisa dipahami oleh komputer. 

Membuat laporan terjadwal

Setiap satuan tim proyek umumnya dipimpin oleh manager proyek. Oleh sebab itu, seorang programmer harus rutin melaporkan setiap perkembangan yang terjadi dalam pembuatan program. 

Bekerja sama dengan tim desain 

Desain setiap program dikawal khusus oleh tim desainer UI dan UX. Tujuannya agar nampak lebih cantik serta fungsional. Pengguna pun tidak akan direpotkan oleh tampilan yang terlalu rumit. Untuk itu dibutuhkan kerjasama antara tim desain dan programmer. 

Skill Khusus Programmer 

Seorang programmer harus memiliki kemampuan khusus dan terus mengikuti perkembangan teknologi. Tidak update akan berisiko berat terhadap pekerjaan yang mereka lakukan. Pasalnya bahasa komputer bisa berubah sesuai perkembangan zaman. 

Ada skill dasar yang harus dimiliki oleh programmer agar dapat menarik perhatian perusahaan besar. Berikut adalah daftar kemampuan yang wajib dikuasai para programmer. 

  • Mampu menggunakan Linux 
  • Menguasai C++
  • Mampu bekerja sama dalam tim

Seorang programmer komputer minimal harus memiliki ketiga kemampuan tersebut. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang programmer, maka Telkom University adalah pilihan yang tepat.

https://it.telkomuniversity.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *