Prospek Kerja Prodi S1 Teknik Komputer Telkom University

Prospek Kerja Prodi S1 Teknik Komputer Telkom University

Prodi S1 Teknik Komputer bisa bekerja sebagai Programmer, Network Engineer, DevOps Engineer dan Robotic Engineer. Programmer akan mendapat gaji besar dari perusahaan.

Banyak perusahaan membutuhkan pegawai ahli di bidang perkomputeran sehingga Anda dapat memilih Prodi S1 Teknik Komputer. Masalahnya, perusahaan ingin mengamankan informasi data-datanya dari para peretas dan hal lainnya. Berikut ini ulasan prospek kerja lulusan S1 Teknik Komputer Telkom University.

Profesi Prodi S1 Teknik Komputer

Di bawah ini beberapa profesi yang dapat Anda pilih setelah lulus Prodi S1 Teknik Komputer dari Tel-U yaitu :

Programmer atau Software Engineer

Saat ini banyak perusahaan yang mencari Programmer atau Software Engineer. Anda bisa bekerja secara remote atau full time di kantor.

Seorang programmer biasanya akan memperoleh gaji yang cukup besar. Skill yang harus Anda kuasai yaitu membaca dan menulis debugging, source code, dan bahasa pemrograman basic (Java, Python, Php, C dan Ruby).

IT Security

Keamanan data dan informasi merupakan masalah penting. Perusahaan harus menjaga informasi karena banyak terjadi pencurian data.  Anda sebagai IT Security bekerja untuk membantu mereka mencegah penipuan atau mendeteksi upaya peretasan berbasis informasi. Maka dari itu, Anda harus ahli di bidang firewall, virus atau anti-virus komputer, detail melihat celah keamanan dari software, dan menanggulangi hack.

Network Engineer

Sebagai Network Engineer  maka Anda bertanggung jawab mengatasi kestabilan jaringan internet dalam organisasi atau perusahaan. Anda bertanggung jawab juga untuk mengontrol jaringan internal dan kepada pengguna eksternal.

Pekerjaan Network Engineer berkaitan dengan database. Sebab itu, Anda harus ahli dalam routing dan switching, pemeliharaan infrastruktur internet yaitu (web server, DNS dan hosting, bandwidth management), dan mengelola virtual server.

DevOps Engineer

DevOps Engineer sangat diperlukan perusahaan Startup atau IT. Profesi ini harus memahami Software Development dan paham alat otomatisasi untuk mengembangkan digital pipelines (Cl/CD).

Bila bekerja di bidang ini maka Anda harus dapat mengaplikasikan Linux, Continer & Container Manager, dan memiliki pengetahuan tentang (teknologi Agile dan teknologi Cl/CD).

Robotic Engineer

Robotic Engineer yaitu teknisi robot yang kini banyak digunakan untuk membantu manusia. Untuk menjadi teknisi ini, Anda harus bisa teknik dasar mekanik dan komputer. Anda juga harus menguasai skill programming bahasa mesin (assembly language) dan (microcontroller hardware), bisa mengembangkan logika mesin untuk mengatur perintah serta mengembangkan Artificial Intelligence (AI).

 

Seorang ahli Teknik Komputer banyak dibutuhkan perusahaan untuk berbagai kepentingan. Sebagai lulusan Prodi S1 Teknik Komputer maka Anda harus bekerja secara profesional untuk membantu perusahaan.

https://it.telkomuniversity.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *