Social media sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang sekarang ini, baik untuk kepentingan pribadi maupun kebutuhan bisnis. Banyaknya jenis media sosial membuat Anda lebih mudah untuk melakukan kegiatan marketing tersebut, Anda bisa memiliki masing-masing satu akun untuk setiap media sosial.
Dengan begitu, hanya menggunakan fasilitas beberapa social media yang Anda punya saja sudah bisa memaksimalkan perkembangan bisnis Anda dan membuat rencana bisnis yang lebih baik lagi.
Pengertian dan Alasan Pentingnya Social Media Marketing
Social media marketing adalah kegiatan pemasaran dalam berbisnis yang memanfaatkan atau mengandalkan penggunaan media sosial. Sekarang ini ada banyak jenis sosial media yang cukup sering dijadikan ajang berbisnis. Meskipun bukan khusus untuk berbisnis, tapi secara tidak langsung media sosial memang ditujukan untuk menjual kemampuan diri.
Perlu diketahui, alasannya social media sangat penting dalam kegiatan marketing atau pemasaran sebuah bisnis atau usaha ada beberapa macam. Diantaranya adalah:
- Analisa Kompetitor
Dalam berbisnis pasti Anda akan memiliki kompetitor, bahkan terhadap produk langka sekalipun. Ada banyak cara untuk memantau para kompetitor yang memang sebagai pesaing Anda, yaitu dengan menganalisa para kompetitor tersebut. Salah satu cara paling menyenangkan adalah melalui social media yang sedang marak.
- Brand Awareness
Social media marketing adalah merupakan alasan penting bagi Anda yang ingin membangun brand awareness. Karena, membangun branding merupakan salah satu cara untuk bisa meningkatkan perkembangan usaha yang Anda jalani.
- Feedback Dari Hasil Jual Produk
Alasan terakhir penggunaan media sosial adalah untuk bisa melihat feedback dari hasil penjualan produk yang ada pada bisnis Anda yang memang dilakukan secara online melalui media sosial tadi.
Strategi Efektif Social Media Marketing
Setelah memahami pengertian dan juga fungsinya maka selanjutnya Anda harus menentukan strategi yang membuktikan bahwa social media marketing adalah cara jitu dalam rencana bisnis sebuah usaha. Oleh karena itu, ada strategi khusus yang efektif digunakan antara lain seperti:
- Riset Pembeli
Sebelum mulai menjalankan bisnis yang Anda sudah pilih dan lakukan, tentunya Anda harus melakukan riset seorang pembeli seperti apa melalui media sosial tersebut. Anda bisa meneliti dan menganalisa sekaligus para pengunjung media sosial sebagai calon konsumen Anda.
Karena, tipe-tipe pembeli dan personanya berbeda-beda sesuai karakternya masing-masing. Sebelum mulai bertransaksi, jadikan media sosial ini sebagai tempat menganalisa konsumen yang menjadi satu strategi ampuh.
- Tentukan Jenis Media Sosial
Untuk mewujudkan bahwa social media marketing adalah sebuah media yang sangat penting dalam berbisnis, maka tentukan satu dari sekian banyak jenis dan akun media sosial Anda untuk menjalani tugas marketing tadi.
- Buat Konten Menarik
Setelah memilih dan menyesuaikan satu media sosial yang cocok dengan karakter Anda, maka strategi selanjutnya tentunya mulai mengisi akun media sosial Anda dengan konten-konten menarik yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari cara bagaimana menciptakan konten tersebut.
- Buat Jadwal Unggahan
Sebelum konten dibuat, tentunya Anda harus membuat perencanaan terlebih dulu untuk rencana bisnis beberapa bulan kedepan. Dimana rencana tersebut juga akan berhubungan dengan pembuatan konten tadi, termasuk rencana jadwal mengunggah konten pada akun Anda.
Karena, berdasarkan pengertian social media marketing adalah pemasaran produk yang mengutamakan media sosial sebagai sarana penting maka diperlukan strategi dalam mengatur unggahan masuk agar teratur dan terlihat menarik dimata konsumen.
- Analisa Hasil Unggahan
Hal terakhir yang menjadi strategi pemasaran adalah menganalisa hasilnya jika Anda sudah mulai mengunggah konten yang dibutuhkan. Bagaimana respon pasar terhadap hasil unggahan tersebut, jika terlihat berhasil maka lanjutkan terus strategi tadi.Bicara mengenai social media memang sangat berhubungan dengan eksistensi diri, baik untuk pribadi masing-masing maupun untuk kegiatan berbisnis tersebut.