Katalog Layanan PuTi

Direktorat Pusat Teknologi Informasi (PuTi) Telkom University memberikan layanan yang dapat membantu proses bisnis dalam kegiatan pembelajaran di Telkom University. Untuk layanan tersedia pada

Senin – Kamis : 08.00 – 16.30 WIB Jumat : 08.00 – 17.00 WIB

Anda juga dapat mengunjungi bagian Service Desk untuk mendapatkan informasi layanan tersebut

Lokasi: Gedung Panambulai lantai 2 ruang IF1.02.03 Fakultas Teknik Informatika, Universitas Telkom

Berikut daftar layanan yang tersedia di Direktorat PuTi:

 

KATALOG LAYANAN PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI
Layanan NoSub LayananDeskripsiCakupan Pengguna Layanan1st Level Support2nd Level SupportPerioda PenjaminanKomponen LayananKebergantungan Dengan Layanan LainKetersediaan Minimum Yang DijaminkanOutcome
Bug1Filter Tidak Berfungsi Dengan SemestinyaMerupakan layanan perbaikan bugs aplikasi yang disebabkan oleh ketidak sesuaian hasil data yang ditampilkan dalam aplikasi setelah dilakukan penyaringan data oleh fitur filter pada menu.Mahasiswa, Dosen dan PegawaiService DeskKepala Urusan Pengembangan Produk3 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program atau Database
2Gagal Download/Gagal UploadMerupakan layanan perbaikan bugs aplikasi yang disebabkan oleh fitur download/upload yang tidak berfungsi sesuai dengan requirement aplikasi. Misalnya, pada requirement aplikasi setelah menekan tombol download maka sistem akan melakukan proses eksport data ke format dokumen tertentu. Tetapi ketika user menekan tombol tersebut setelahnya tidak terjadi proses eksport data ke dokumen.Mahasiswa, Dosen dan PegawaiService DeskKepala Urusan Pengembangan Produk3 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program atau Database
3Notifikasi Tidak SesuaiMerupakan layanan perbaikan bugs aplikasi yang disebabkan oleh fitur notifikasi yang tidak berfungsi sesuai dengan requirement aplikasi. Misalnya isi pesan notifikasi tidak sesuai dengan apa yang seharusnya muncul sesuai requirement aplikasi.Mahasiswa, Dosen dan PegawaiService DeskKepala Urusan Pengembangan Produk3 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program atau Database
4Data tidak sesuaiAdanya ketidaksesuaian data yang ditampilkan setelah dilakukan transaksi data seperti input, update, delete atau menampilkan data.Mahasiswa, Dosen dan PegawaiService DeskKepala Urusan Pengembangan Produk3 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program atau Database
5Tombol tidak berfungsiRespon dari tombol tidak sesuai dengan requirement aplikasi yang seharusnya. Misalnya setelah fitur tombol ditekan, pada requirement aplikasi seharusnya akan muncul form input. Tetapi setelah user menekan tombol form input tidak muncul.Mahasiswa, Dosen dan PegawaiService DeskKepala Urusan Pengembangan Produk3 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program atau Database
6Data Tidak Muncul/HilangUser merasa ada data yang tidak muncul ketika diakases padahal sebelumnya masih ada datanya.Mahasiswa, Dosen dan PegawaiService DeskKepala Urusan Pengembangan Produk3 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program atau Database
7Error respon APIKejadian tidak sesuai dengan yang diharapakan dari respon APIMahasiswa, Dosen dan PegawaiService DeskKepala Urusan Pengembangan Produk3 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program atau Database
Pengembangan Aplikasi 8Pengembangan Aplikasi KecilMerupakan pengembangan Produk Teknologi Informasi oleh Direktorat PUTI meliputi aplikasi sistem informasi akademik (yang dibangun untuk memberi kemudahan pada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik), aplikasi sistem informasi non-akademik (yang berpusat pada tata kelola sumberdaya di Telkom University) dan aplikasi pendukung (layanan dasar yang menunjang sistem informasi secara keseluruhan).
Pengembangan aplikasi kecil adalah pengembangan aplikasi setelah dianalisis oleh Sistem Analis memiliki sejumlah 3 sampai dengan 4 menu/modul. Tiap modul memiliki proses input data, edit atau update data, delete data dan menampilkan detail data (CRUD).
Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk66 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program
Database
Dokumen
9Pengembangan Aplikasi SedangMerupakan pengembangan Produk Teknologi Informasi oleh Direktorat PUTI meliputi aplikasi sistem informasi akademik (yang dibangun untuk memberi kemudahan pada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik), aplikasi sistem informasi non-akademik (yang berpusat pada tata kelola sumberdaya di Telkom University) dan aplikasi pendukung (layanan dasar yang menunjang sistem informasi secara keseluruhan).
Pengembangan aplikasi sedang adalah pengembangan aplikasi setelah dianalisis oleh Sistem Analis memiliki sejumlah 5 sampai dengan 6 menu/modul. Tiap modul memiliki proses input data, edit atau update data, delete data dan menampilkan detail data (CRUD).
Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk99 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program
Database
Dokumen
10Pengembangan Aplikasi BesarMerupakan pengembangan Produk Teknologi Informasi oleh Direktorat PUTI meliputi aplikasi sistem informasi akademik (yang dibangun untuk memberi kemudahan pada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik), aplikasi sistem informasi non-akademik (yang berpusat pada tata kelola sumberdaya di Telkom University) dan aplikasi pendukung (layanan dasar yang menunjang sistem informasi secara keseluruhan).
Pengembangan aplikasi besar adalah pengembangan aplikasi setelah dianalisis oleh Sistem Analis memiliki sejumlah 7 sampai dengan 8 menu/modul. Tiap modul memiliki proses input data, edit atau update data, delete data dan menampilkan detail data (CRUD).
Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk132 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program
Database
Dokumen
Pengembangan API 11Pengembangan API KecilMerupakan pengembangan Produk Teknologi Informasi oleh Direktorat PUTI meliputi integrasi data antar aplikasi yang berbeda antara aplikasi milik Direktorat PUTI dengan aplikasi lain. Pengembangan API sedang memilik scope terdiri atas 1 – 3 endpoint.Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk66 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program
Database
Dokumen
12Pengembangan API SedangMerupakan pengembangan Produk Teknologi Informasi oleh Direktorat PUTI meliputi integrasi data antar aplikasi yang berbeda antara aplikasi milik Direktorat PUTI dengan aplikasi lain. Pengembangan API sedang memilik scope terdiri atas 3 – 10 endpoint.Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk99 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program
Database
Dokumen
13Pengembangan API BesarMerupakan pengembangan Produk Teknologi Informasi oleh Direktorat PUTI meliputi integrasi data antar aplikasi yang berbeda antara aplikasi milik Direktorat PUTI dengan aplikasi lain. Pengembangan API sedang memilik scope terdiri atas lebih dari 10 endpoint.Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk132 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program
Database
Dokumen
Permintaan Data Aplikasi14Data AplikasiData Aplikasi adalah permintaan data yang terdapat pada aplikasi-aplikasi yang pada daftar Aplikasi DevTI.Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk3 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Dokumen
15Data Log ActivityData Log Activity adalah Data aktivitas user yang menggunakan layanan aplikasi, yang tercapture dalam "user track"Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk7 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Dokumen
16Data Dokumen di AplikasiData Dokumen di Aplikasi adalah pemintaan data untuk dokumen user yang disimpan pada aplikasi seperti dokumen Ijazah, dan sebagainya yang diminta oleh pemilik proses yang bersangkutan atau oleh pemilik data tersebut.Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk3 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Dokumen
17Update Data AplikasiUpdate Data Aplikasi adalah pemrintaan terkait dengan data transaksional pada aplikasi-aplikasi, sesuai persetujuan dengan pemilik prosesSeluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk3 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Dokumen
18Inject Data AplikasiInject data aplikasi adalah pemintaan untuk proses transaksional data pada aplikasi melalui database atas ijin dari pemilik proses. Ada beberapa ketentuan dapat melakukan inject data seperti : aplikasi belum memiliki fitur untuk memprosesnya atau atas kesepakatan dengan pimpinan PUTI.Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk3 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Dokumen
Perubahan Aplikasi19Perubahan Patch AplikasiMerupakan layanan untuk melakukan penyesuaian atau penambahan fitur pada aplikasi yang terdaftar pada katalog aplikasi Bagian Pengembangan Produk IT dan sudah disetujui oleh pemilik proses. Perubahan Minor 1 adalah perubahan aplikasi yang membutuhkan waktu eksekusi antara 1 sampai dengan 2 minggu. Waktu eksekusi akan dihitung oleh Sistem Aanalis.Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk10 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program
Database
Dokumen
20Perubahan MinorPerubahan Aplikasi merupakan layanan untuk melakukan penyesuaian atau penambahan fitur pada aplikasi yang terdaftar pada katalog aplikasi Bagian Pengembangan Produk IT dan sudah disetujui oleh pemilik proses. Perubahan Minor adalah perubahan aplikasi yang membutuhkan waktu eksekusi antara 2 minggu hingga 2 bulan. Waktu eksekusi akan dihitung oleh Sistem Aanalis.Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk44 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program
Database
Dokumen
21Perubahan Patch APIPerubahan API merupakan layanan untuk melakukan penyesuaian atau penambahan api pada api yang terdaftar pada Bagian Pengembangan Produk IT dan sudah disetujui oleh pemilik proses. Perubahan Minor 1 adalah perubahan api yang membutuhkan waktu eksekusi antara 1 minggu hingga 2 minggu. Waktu eksekusi akan dihitung oleh Sistem Aanalis.Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk10 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program
Database
Dokumen
22Perubahan MinorPerubahan API merupakan layanan untuk melakukan penyesuaian atau penambahan api pada api yang terdaftar pada Bagian Pengembangan Produk IT dan sudah disetujui oleh pemilik proses. Perubahan Minor 2 adalah perubahan api yang membutuhkan waktu eksekusi antara 2 minggu hingga 2 bulan. Waktu eksekusi akan dihitung oleh Sistem Aanalis.Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Kepala Bagian Pengembangan ProdukKepala Urusan Pengembangan Produk44 Hari Kerjae-Memo atau NDE (aplikasi milik YPT)1. Koneksi Jaringan Telkom University
2. Kesediaan Server Pengembangan Aplikasi
3. Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing project
97%Kode Program
Database
Dokumen
Permintaan Data Dokumen 23Data Bisnis Proses Direktorat PUTIPermintaan yang dilakukan oleh Mahasiswa untuk kebutuhan Tugas Akhir, informasi yang diberikan dapat berupa wawancaraMahasiswaService DeskKepala Urusan Manajemen Mutu TI3 Hari Kerja Dokumen Bispro PUTIAkses internet97%Mendapatkan data sesuai dengan permintaan
24Data Standar (ISO)Permintaan yang biasanya dilakukan oleh Mahasiswa untuk kebutuhan Tugas Akhir informasi yang diberikan dapat berupa wawancaraMahasiswaService DeskKepala Urusan Manajemen Mutu TI3 Hari Kerja1. Dokumen ISO 20000
2. Dokumen ISO 27001
Akses internet97%Mendapatkan data sesuai dengan permintaan
Gangguan Blog25Blog Staff / MahasiswaInsiden yang berkaitan dengan blog Mahasiswa, Dosen atau PegawaiMahasiswa, dosen dan pegawaiService DeskKepala Urusan Konten dan Sumber Daya TI3 Hari KerjaDokumen Bispro PUTI1. Subdomain
2. Hosting
3. Email
4. Website
97%Dapat menggunakan layanan blog
Gangguan Website/Subdomain26Website/SubdomainPenanganan gangguan website yang berefek rusaknya aplikasi website dan fungsi website tidak berjalan normalAdmin web, internal Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Konten dan Sumber Daya TI5 Hari KerjaDokumen Bispro PUTI1. Website
2. Email
97%Website/Subdomain kembali normal
Gangguan Lisensi Serial Number27Insiden LisensiInsiden yang berkaitan dengan serial number untuk lisensi Microsoft, Adobe dan lisensi labAdmin web, internal Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Konten dan Sumber Daya TI3 Hari KerjaDokumen Bispro PUTI1. Website
2. Email
97%Website/Subdomain kembali normal
Permintaan Lisensi Serial Number28Permintaan serial numberPermintaan serial number untuk lisensi Microsoft, Adobe dan lisensi labMahasiswa, dosen dan pegawaiService DeskKepala Urusan Konten dan Sumber Daya TI3 Hari KerjaAkun SSO1. Akses internet
2. Office365
3. Azure
97%Dapat menggunakan layanan Office365 yang telah disediakan Telkom University
Permintaan Website/Subdomain29Permintaan Website/SubdomainPermintaan dan pengelolaan pembuatan subdomain baru sesuai permintaan userUnit/divisi, fakulttas, program studi, unit kegiatan mahasiswa, dan unit program lainnya di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Konten dan Sumber Daya TI5 Hari Kerja1. Subdomain
2. Hosting
3. Email
4. Website
Akses internet97%Dapat menggunakan layanan subdomain dengan domain utama *telkomuniversity.ac.id
SSO30Permintaan untuk melakukan aktivasi SSOLayanan permintaan token aktivasi sampai berhasil melakukan aktivasi akun SSO baruMahasiswa, dosen dan pegawaiService DeskKepala Urusan Konten dan Sumber Daya TI3 Hari Kerja1. Subdomain
2. Hosting
3. Email
4. Website
Akses internet97%Dapat menggunakan layanan subdomain dengan domain utama *telkomuniversity.ac.id
31Pembuatan Email (SSO)Permintaan pembuatan email untuk unit/divisi yang ada di lingkungan Telkom UniversityUnit/divisi, fakulttas, program studi, unit kegiatan mahasiswa, dan unit program lainnya di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Layanan Pengguna 1 Hari Kerja1. iGracias
2. LDAP
3. SAM+
4. Office365
1. Akses Internet
2. Database
97%Mendapatkan email sesuai dengan permintaan
Reset Password Akun32Permintaan untuk reset passwordReset password untuk akun SSOMahasiswa, Pegawai, TLH, Outsource dan DosenService DeskKepala Urusan Layanan Pengguna 2 Jam1. iGracias
2. LDAP
3. Office365
Akses internet97%Perubahan password sesuai permintaan
Broadcast33Broadcast WhatsApp / SMS / EmailLayanan fitur broadcast untuk mengirim pesan ke banyak orang sekaligusDosen dan PegawaiService DeskKepala Urusan Layanan Pengguna 3 Hari KerjaOCA1. Akses Internet
2. OCA
97%Broadcast Whatsapp/SMS sesuai dengan permintaan
Manajemen Akses34Pemetaan Hak AksesPengelolaan pemetaan akses terkait user pengguna sesuai dengan posisi dan kebutuhannyaDosen dan PegawaiService DeskKepala Urusan Layanan Pengguna 3 Hari Kerja1. Ticketing sistem
2. Server
3. Storage
4. Modul helpdesk
5. Database
Akses Internet97%User mendapatkan hak akses yang sesuai
Autentikasi35iGraciasLayanan permintaan reset authentikasi 2FA pada iGraciasMahasiswa, Dosen dan PegawaiService DeskKepala Urusan Layanan Pengguna 1 Hari Kerja Internet
Server
Database
Akses Internet97%Layanan iGracias dapat digunakan dengan baik
36Google WorkspaceLayanan permintaan reset authentikasi 2FA pada Google WorkspaceMahasiswa, Dosen dan PegawaiService DeskKepala Urusan Layanan Pengguna 1 Hari Kerja Lisensi Google Workspace Akses Internet97%Layanan Google Workspace dapat digunakan dengan baik
37Office365Layanan permintaan reset authentikasi MFA pada Office365Dosen dan PegawaiService DeskKepala Urusan Layanan Pengguna 1 Hari KerjaLisensi Akses Internet97%Layanan Office365 dapat digunakan dengan baik
Informasi38Informasi Layanan TIInformasi terkait Layanan TI Mahasiswa, Dosen dan Pegawai Service DeskKepala Urusan Layanan Pengguna 3 Hari Kerja-Akses internet97%User mendapatkan informasi sesuai dengan yang dibutuhkan
Insiden Akses Internet39Penanganan gangguan akses internet (TUNE / WIFI / WLAN)Penangangan gangguan pada jaringan Wireless/Wired/gagal akses ke TUNE/tidak bisa mengakses internet dan intranetMahasiswa, dosen, staf dan tamu sebagai pengguna di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Infratsruktur Jaringan TI3 Hari Kerja1. Aplikasi Ticketing PuTI
2. Nota Dinas Elektronik
3. Internet Akses
4. Sistem Autentikasi (e-Portal, SAM+, LDAP)
5. DNS Server
Akses internet97%Mahasiswa, Dosen, dan Pegawai dapat menggunakan layanan internet melalui TUNE
Server On-Premise40Insiden Server On-PremiseMerupakan insiden gangguan akses mati di Firewall atau di cablingMahasiswa, dosen, staf sebagai pengguna di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Infratsruktur Jaringan TI3 Hari Kerja3 Hari Kerja
Internet
Intranet
Kelistrikan
Akses internet97%Layanan internet dapat diakses dengan baik
RFID41Perangkat (Reader)/ Error BugMelakukan perbaikan pada keberfungsian RFID Reader presensi. Mahasiswa, dosen, staf sebagai pengguna di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Infratsruktur Jaringan TI5 Hari Kerja1. Reader
2. Network
3. Middleware
4. Database
5. Aplikasi presensi
1. Aplikasi Ticketing PUTI
2. Nota Dinas Elektronik
3. Sistem presensi mahasiswa/pegawai
97%Mahasiswa, Dosen, dan Pegawai dapat menggunakan layanan presensi menggunakan RFID.
Permintaan Akses Internet42Permintaan akun tune visitor / tamuPembuatan Akun tune bagi tamu/event online yang dilaksanakan ke Telkom University, agar dapat melakukan akses internet. Tamu sebagai pengguna di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Infratsruktur Jaringan TI1 Hari Kerja1. Nota dinas elektronik
2. Ticketing PUTI
3. Sistem Authentikasi (e-Portal, SAM+, LDAP)
4. Akses Internet
Akses internet97%Tamu/event bisa menggunakan layanan Internet Akses
Permintaan Instalasi Jaringan43Permintaan Instalasi JaringanPermintaan Instalasi JaringanMelakukan pemasangan instalasi jaringan termasuk pemasangan RFID Reader presensi, Pengelolaan desain, perancangan dan instalasi jaringan (IP address/IP public/port/konfigurasi) di lingkungan Telkom University.Service DeskKepala Urusan Infratsruktur Jaringan TI5 Hari Kerja1. Reader
2. Network
3. Middleware
4. Database
5. Aplikasi presensi
1. Aplikasi Ticketing PUTI
2. Nota Dinas Elektronik
3. Sistem presensi mahasiswa/pegawai
97%User dapat menggunakan internet akses dan RFID Reader untuk layanan presensi
Permintaan Bypass Internet44Permintaan Bypass InternetLayanan permintaan akses internet yang tidak membutuhkan proses authentikasi Seluruh dosen, staf dan pengguna di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Infratsruktur Jaringan TI5 Hari Kerja1. Network
2. Switch
3. Core Switch
4. SAM+
1. Nota dinas elektronik
2. Ticketing puti
97% Layanan internet dapat diakses tanpa login
Permintaan Port / IP Public45Pembukaan port / IP publicKebutuhan akses layanan menggunakan cusotumisasi port pada jaringan internetUnit dan Direktorat di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Infratsruktur Jaringan TI3 Hari Kerja Firewall Firewall97%Layanan dapat digunakan sesuai dengan permintaan
Permintaan Data Infrastruktur 46Informasi JaringanPermintaan data seperti berupa topologi jaringan yang akan diinformasikan melalui presentasi atau wawancara untuk memennuhi Tugas AkhirMahasiswaService DeskKepala Urusan Infratsruktur Jaringan TI3 Hari Kerja1. Fiber optic
2. Topologi
3. Akses internet
Unit Data Center dan Security97%Mendapatkan data sesuai permintaan
Insiden Keamanan Informasi47MalwareScanning dan cleansing Malware pada aplikasiDosen, staf dan pengguna di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Keamanan TI3 Hari Kerja1. Ticketing PUTI
2. Nota dinas elektronik
3. Tenable.io
4. Nessus scanner
1. Akses internet
2. Hosting web/VPS
97%Aplikasi berjalan normal, bersih dari malware
48Kebocoran Data / Penyalahgunaan FasilitasMelakukan deteksi dan mitigasi terhadap kebocoran data personal dan Telkom University. Melakukan deteksi dan mitigasi terhadap penyalahgunaan fasilitas Telkom UniversityDosen, staf dan pengguna di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Keamanan TI3 Hari Kerja1. Ticketing PUTI
2. Nota dinas elektronik
3. Tenable.io
4. Nessus scanner
1. Akses internet
2. Hosting web/VPS
97%Dampak kebocoran dapat diminimalisir, tracking sumber kebocoran
49Hacking Attempt / Percobaan PeretasaanMelakukan deteksi dan mitigasi terhadap upaya peretasanDosen, staf dan pengguna di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Keamanan TI3 Hari Kerja1. Ticketing PUTI
2. Nota dinas elektronik
3. Tenable.io
4. Nessus scanner
1. Akses internet
2. Hosting web/VPS
97%Mencegah upaya peretasan
Permintaan Scan Security50Vulnerability Scan/KerentananMelakukan pemeriksaan terhadap celah keamanan pada sistem dan aplikasi di Telkom UniversityDosen, staf dan pengguna di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Keamanan TI2 Hari Kerja1. Ticketing PUTI
2. Nota dinas elektronik
3. Tenable.io
4. Nessus scanner
1. Akses internet
2. Hosting web/VPS
97%Memetakan celah keamanan pada sistem
Permintaan Device Wipe51Device wipe Microsoft / GoogleLayanan permintaan penghapusan device pada Microsoft atau Google Mahasiswa, Dosen dan Pegawai di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Infratsruktur Jaringan TI2 Hari Kerja1. Ticketing PUTI
2. Nota dinas elektronik
3. Dashboard admin Microsoft atau Google
Akses internet97%Device milik user dapat terhapus di perangkat yang sesuai dengan permintaan
Insiden Server52Gangguan Server ColocationPenanganan gangguan ServerStaff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari Kerja1. Server
2. Database
1. Akses internet
2. Network
97%Dapat menggunakan layanan colocation
iGracias53Gangguan Server IgraciasPenanganan gangguan terkait infrastruktur server Mahasiswa, Staff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari Kerja1. Layanan iGracias
2. Oracke database
1. Server NTP
2. DNS
3. Hypervisor server
97%iGracias dapat digunakan dengan baik
SITU54Gangguan Server SituPenanganan gangguan terkait infrastruktur server Mahasiswas, Staff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari Kerja1. Web server
2. Database server
3. Gateway server
1. NTPerver
2. File server
3. LDAP server
4. Database server
5. API server
6. Hypervisor server
97%Aplikasi SITU dapat digunakan dengan baik
DNS55Gangguan Server DNSPenanganan gangguan terkait domain telkomuniversity.ac.idMahasiswas, Staff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari Kerja Server DNSHypervisor server
NTP server
97% Domain Tel-U dapat diakses
Reverse Proxy56Gangguan Reverse ProxyPenanganan gangguan terkait server reverse proxyMahasiswas, Staff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari KerjaServerHypervisor server
DNS server
NTP server
97% Aplikasi reverse proxy dapat digunakan
Share Hosting57Gangguan Share HostingPenanganan gangguan terkait Share hostingMahasiswas, Staff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari KerjaServer share hostingHypervisor server
NTP server
DNS server
97% Layanan share hosting dapat digunakan dengan baik
LDAP58Gangguan LDAPPenanganan gangguan terkait infrastruktur server LDAPMahasiswas, Staff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari Kerja LDAP serverHypervisor server97%Layanan authentikasi dapat digunakan dengan baik
VPN Colocation Server / VPS59Gangguan VPN Colocation/VPSPenanganan gangguan terkait akses server Staff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari KerjaServerHypervisor server
Akses internet
DNS
97%Aplikasi VPN colocation dapat digunakan dengan baik
Email Portal (sso.telkomuniversity.ac.id)60Gangguan Email PortalPenanganan gangguan terkait server portal emailMahasiswas, Staff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari KerjaServerHypervisor server
Akses internet
DNS
97%Website sso.telkomuniversity.ac.id dapat berjalan dengan baik
VPS61Gangguan VPSPenanganan gangguan terkait VPSStaff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari KerjaVPS Server1) NTP Server
2) Network
3) Akses Internet
4) DNS Server
97% Layanan VPS dapat berjalan dengan baik
Insiden Email62Insiden kegagalan sistem Layanan email yang tidak dapat menerima surat elektronik dan gagal loginMahasiswas, Staff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari KerjaEmailAkses internet
Microsoft
Google Workspace
97% Layanan email dapat digunakan dengan baik
Spamming Email63Spamming Email Gangguan keamanan pada layanan EmailMahasiswas, Staff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data1 Hari KerjaEmail
IP Public
Akses internet
Microsoft
Google Workspace
97%Layanan email dapat digunakan dengan baik
Insiden SSL64Gangguan SSL / Reverse ProxyPenanganan gangguan terkait SSLStaff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari KerjaSSL certificate
Reverse proxy
DNS server97%Domain *.telkomuniversity.ac.id dapat diakses menggunakan htpps
Permintaan Server65Permintaan Colocation Server Permintaan penitipan server di data centerDosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari Kerja Data centerAkses internet
DNS server
NTP server
Network
97% Layanan colocation dapat berjalan dengan baik
VPS66Permintaan Server VPSPenanganan gangguan terkait share hosting serverMahasiswas, Staff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari KerjaDNS server
NTP server
Network
Akses internet97%Layanan share hosting dapat bekerja dengan baik
Permintaan Hosting67Hosting PanelPermintaan hosting panelDosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data3 Hari KerjaHosting PanelDNS
NTP
Akses Internet
97% Layanan hosting panel dapat berjalan dengan baik
SSL68Permintaan SSL Termination / Web ProxyPermintaan https websiteStaff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data1 Hari Kerjahttps service Netrwork
Akses internet
97%Websiite dapat diakses melalui https
DNS 69Permintaan / Perubahan DNSPermintaan DNSUnit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKepala Urusan Pusat Data1 Hari Kerja DNS Server1. DNS Server
2. NTP Server
97%Dapat mengakses domain sesuai dengan permintaan