MultiFactorAuthentication (MFA) merupakan metode otentikasi yang mengharuskan pengguna untuk menyediakan dua atau lebih faktor verifikasi untuk mengakses aplikasi Office 365. Terkadang kita menggunakan akun utama sebuah unit maupun tim dalam mengakses office.com dan akun digunakan oleh beberapa user sekaligus. Namun, dikarenakan adanya verifikasi membuat beberapa user kesulitan untuk login. Agar akun office 365 dapat digunakan untuk login ke beberapa device, maka kita perlu mengaktifkan pengaturan verifikasi MFA dengan aplikasi authenticator agar Ketika login kita tidak perlu berpangku pada satu user yang memegang akun verifikasi A.
Langkah – Langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan pengaturan MFA Authenticator :
- Masuk ke halaman https://office.com kemudian login menggunakan akun 365 domain Telkom University
- Jika sudah berhasil login dan masuk ke halaman portal office.com, klik pada profile anda kemudian pilih Lihat Akun/My Account
- Pada halaman Akun, klik menu Info Keamanan atau Security
- Klik Tambahkan Metode Masuk, lalu pilih Aplikasi Authenticator
- Klik tambah untuk menambahkan metode aplikasi otentikator
- Klik pada tombol “Saya ingin menggunakan aplikasi otentikaor lain” jika ingin menggunakan aplikasi google authenticator maupun otentikator lainnya, lalu klik tombol Berikutnya/Next. Disarankan untuk menggunakan google authenticator agar tidak perlu melakukan login di aplikasi authenticatornya.
- Install aplikasi otentikator, kemudian klik Berikutnya/Next
- Klik pada tombol “Tidak dapat memindai gambar” atau “Can’t scan qr code” untuk memunculkan secret key
- Maka akan muncul alamat akun anda (email anda) dan secret key yang nantinya dapat dibagikan ke user lain yang ingin melakukan login ke akun Office 365 tersebut. Alamat akun atau email anda dan secret key ini wajib diinputkan ke google authenticator untuk memunculkan kode verifikasi.
*Secret key bukanlah kode verifikasi yang dapat digunakan untuk login, secret key merupakan kode yang digunakan untuk memunculkan kode verifikasi pada google authenticator. Lalu kode verifikasi yang muncul dari Google Authenticator dapat digunakan untuk login*
- Jika sudah berhasil mendapatkan secret key, buka aplikasi google authenticator anda, kemudian pilih “Masukkan kunci penyiapan” atau input “Enter a setup key”
- Masukkan detail akun seperti alamat email pada kolom Akun dan setup key pada kolom Kunci. Lalu klik Tambahkan
- Maka pada halaman utama google authenticator, akan muncul kode verifikasi. Kode verifikasi inilah yang dapat digunakan untuk verifikasi login. Kode verifikasi ini akan selalu muncul di google authenticator anda selama anda belum menghapusnya.
- Masukkan kode verifikasi tersebut untuk melanjutkan proses pengaktifan MFA akun anda, lalu klik Next/Berikutnya
- Jika berhasil diaktifkan, maka akan muncul notifikasi berhasil dan aplikasi authenticator juga muncul di menu info keamanan/security
- Selanjutnya, lakukan login ke akun anda. Kemudian Ketika dimintai kode verifikasi login. Bagikan secret key dan alamat email anda tadi ke user yang ingin login lalu ikuti Langkah 10 hingga 12 untuk memunculkan kode verifikasi login dengan google authenticator.
UU Perlindungan Data Pribadi
Berikut adalah UU Perlindungan Data Pribadi digunakan sebagai acuan untuk pengamanan data

Demikian Panduan Mengatur MFA Authenticator untuk Login Office 365 ke Beberapa Device agar dapat login bersamaan ke beberapa device. Pastikan untuk menyimpan Secret Key anda untuk digunakan oleh rekan lain yang ingin melakukan login tanpa harus menonaktifkan MFA dan berpaku pada pemegang verifikasi. Semoga membantu. Terima kasih.
Baca juga: Panduan aktivasi MFA dengan Aplikasi Authenticator Google maupun Microsoft