Telkom University memiliki tools untuk memudahkan dalam pengelolaan suatu pekerjaan, tools ini dapat diakses dimanapun selama ada jaringan internet. Dengan pengelolaan pekerjaan yang baik, maka kinerja atau produktivitas kerja bisa semakin bertambah.

Panduan Penggunaan Tools task.telkomuniversity.ac.id
Telkom University memiliki tools project management yang dapat digunakan oleh civitas akademik yaitu task.telkomuniversity.ac.id Tools management ini memiliki beberapa fitur unggulan seperti Dashboard Client Workspace, Task To-Do list (kanban), Mind Mapping, User Story, Gant Chart, dll. Bagaimana sih cara penggunaan tools management ini? Berikut merupakan panduan umum penggunaan tools task.telkomuniversity.ac.id:
Registrasi Akun
Agar dapat mengakses task manager pada laman task.telkomuniversity.ac.id, anda harus melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Berikut Langkah – Langkah untuk registrasi akun:
1. Masuk ke halaman https://task.telkomuniversity.ac.id/accept-invitation?invitation=ec85f91ecb124e2c6f6a71d68c8a7ec5a501a07e
2. Isikan Nama Lengkap, email dengan domain @telkomuniversity.ac.id untuk pegawai atau dosen dan domain @student.telkomuniversity.ac.id untuk mahasiswa. Masukkan juga password sesuai dengan password iGracias Lalu klik tombol Create Account.
3. Jika sudah berhasil create account, maka akan diarahkan ke halaman utama atau dashboard dari task.telkomuniversity.ac.id.
Menu Dashboard Client Workspace
Pada dashboard workspace, terdiri dari dua menu utama yaitu My Project dan Resource Center. Berikut penjelasan lengkapnya:
- My Project
- Pada menu My Project, anda dapat melihat task yang sedang anda kerjakan ataupun yang belum dikerjakan. Anda dapat klik pada Judul Task, maka akan muncul detail dari Task tersebut.
- Resource Center
- Lanjut pada Menu Resource Center, terdapat sub menu Overview, Tasks, Plan, dan Discussion.
Pada menu Overview, anda bisa melihat semua project, task maupun progress yang sedang anda kerjakan. Anda juga dapat melihat member yang ada pada tim anda. Terdapat juga fitur fitur untuk membuat berbagai macam jenis pekerjaan seperti Task, Laman untuk diskusi, Mind Mapping, serta User Story.
- Lanjut pada Menu Resource Center, terdapat sub menu Overview, Tasks, Plan, dan Discussion.
Menu Bar atau Navigasi Website
Menu Bar atau Navigasi ini terdiri dari 5 sub menu, berikut penjelasan detailnya:
- My Client Workspace: Pada menu my client workspace ini anda dapat melihat task yang ada pada workspace anda. Anda juga dapat mencari task anda disini.
- My Next Tasks: Pada menu ini anda dapat melihat task selanjutnya yang harus anda kerjakan.
- My Favorite: Pada menu my favorite, berisi task yang anda tambahkan tanda bintang sebagai task yang menurut anda penting.
- My Active Time Trackings: Pada menu ini anda dapat melihat atau melacak aktivitas pada pengerjaan task anda.
- Recurring Tasks: Pada menu recurring tasks anda dapat membuat task yang pengerjaannya pengulangan atau rutin.
Private/Public Project
Project dapat dibuat private hanya dapat dilihat oleh anggota tertentu, atau bisa juga dilihat oleh semua orang yang bisa login.
Konfigurasinya terdapat di setting masing-masing project.

Yang bisa melakukan konfigurasi adalah project manager.
Share Project ke Anggota Tim
Project dapat dibagikan ke anggota tim yang dituju agar mereka bisa melihat detail project.
Masuk ke menu Task masing-masing Project, lalu klik icon Share Project Board, contohnya bisa diakses public https://task.telkomuniversity.ac.id/bp/64534d50cf5e6

Panduan Pengguna
Untuk panduan lengkap penggunaan tools task.telkomuniversity.ac.id, anda dapat membaca buku panduan berikut:
PDF Panduan Penggunaan Project Management Tools

Agar lebih jelasnya anda juga bisa melihat video panduan berikut:
