Microsoft Support merupakan salah satu layanan ticketing yang diberikan oleh Micorosft jika terjadi masalah dengan layanan lisensi Microsoft. Belakangan ini terdapat beberapa kendala mengenai akun office mahasiswa yang tidak bisa melakukan registrasi subscription untuk free credit Azure atau masalah akun yang ter-disabled ketika akan mengakses Azure. Setiap kredit azure gratis yang akan habis setelah 1 tahun, maka akan dikirimkan email ke User bersangkutan ke email @365.telkomuniversity.ac.id untuk perpanjangan dan pemberikan kredit kembali. Jika, masa ulang tahun aktivasi credit azure berakhir dan tidak diperpanjang, maka user bersangkutan wajib untuk mengirimkan tiket ke azure langsung agar Microsoft dapat memberikan aktivasi ulang account dan credit azure ke user mahasiswa tersebut. Pihak Microsoft akan memastikan dahulu atau memverifikasi apakah betul mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa Telkom University yang aktif melalui verfikasi nomor handphone.
Panduan Ticketing ke Microsoft Support
Berikut ini merupakan langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk mengirimkan ticketing ke Microsoft terkait permasalahan Azure tersebut:
Masuk ke halaman Portal Azure melalui link berikut https://portal.azure.com/ dengan akun [email protected]
Jika sudah berhasil login, klik pada ikon help (?) seperti dibawah ini. Kemudian pilih pada bagian Help + support untuk masuk ke halaman ticketing
Kemudian klik pada “Create a support request” untuk membuat support ticketing
Untuk problem description, pada issue pilih Azure Services. Pada Issue type pilih Subscription Management. Kemudian piih Azure for Students pada Subscription.
Kemudian ketik Not eligible for a free Azure account pada Summary. Untuk Problem type, pilih Purchase Sign Up or Upgrade Issues. Untuk Problem Subtype, pilih Unable to sign-up for subscription.
Jika muncul penjelasan solusi seperti ini, cukup klik X pada kanan atas untuk melanjutkan submit ticketing
Kemudian pilih Next pada bagian Recommended Solution
Isikan detail masalah yang anda alami pada Additional Details. Lampirkan juga screenshot permasalahan atau notifikasi eror di halaman anda dalam bentuk gambar untuk membantu mempermudah identifikasi masalah.
Pilih Yes pada Advanced diagnostic information. Kemudian tentukan anda ingin menggunakan metode apa untuk berkomunikasi dengan pihak ticketing Microsoft. Untuk contact information anda bisa menyesuaikan dengan kontak anda yang aktif.
Jika sudah, anda bisa melakukan cek ulang atau review pada ticket yang sudah anda submit tadi. Jika anda sudah yakin dan tidak ada yang ingin dirubah, klik Create. Jika anda ingin merubah, anda bisa klik Previous.
Jika sudah, maka anda akan mendapatkan email konfirmasi ticket yang sudah anda submit. Dan anda bisa cek status tiket anda melalui dashboard help + support seperti dibawah ini.
Tampilan detail tiket
Sekian panduan untuk mengirimkan ticketing ke pihak Microsoft Support. Semoga membantu.
Terima kasih