Pada Juni 2024. Sosialisasi Google Scholar ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai standarisasi profile, perbaikan permasalahan artikel, dan melakukan evaluasi hasil penilaian data Google Scholar antar fakultas dan Kampus Pembanding.
Sosialisasi kali ini diadakan secara daring melalui platform Microsoft Teams, dimulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Sosialisasi Google Scholar ini dibawakan oleh Bapak Hilfan Soeltansyah Selaku Kepala Urusan Konten dan Sumber Daya TI, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dhea Ardina selaku Tim konten TI dengan fokus memberikan panduan teknis dan solusi terkait berbagai permasalahan yang sering dihadapi dosen terkait akun Google Scholar mereka.
Tujuan Kegiatan Sosialisasi Google Scolar
Kegiatan ini bertujuan untuk:
- Meningkatkan Standar Profil Google Scholar: Memberikan panduan mengenai bagaimana standar profile Google Scholar yang diselaraskan dengan kriteria kampus Telkom University.
- Identifikasi dan Perbaikan Masalah: Menyelesaikan berbagai permasalahan dan kendala teknis dalam beberapa permasalahan Google Scholar seperti artikel duplikat, kesalahan nama penulis, dan akun yang tidak terverifikasi.
- Strategi Optimalisasi Publikasi: Membantu dosen memahami cara meningkatkan keterlihatan dan dampak ilmiah artikel mereka.
- Evaluasi: Melakukan pelaporan data permasalahan akun dan artikel Google Scholar.
Panduan Problem Profile dan Artikel Google Scholar
Mengelola profil Google Scholar adalah hal yang penting untuk memastikan keakuratan dan kredibilitas kontribusi akademik. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan diikuti oleh para dosen, staff dan mahasiswa dalam memperbaiki berbagai permasalahan akun dan artikel pada Google Scholar
Solusi Problem Artikel serta Standar Profile pada Google Scholar
PDF Buku Panduan Google Scholar
Banyak dari dosen, staff dan mahasiswa yang masih menghadapi kendala dalam memperbaiki permasalahan Google Scholar Nya. Oleh karena itu, Direktorat Pusat Teknologi Informasi menyusun PDF Buku Panduan Google Scholar, untuk dapat memberikan panduan lengkap dalam penyelesaian permasalahan Google Scholar
Pelaporan Data Permasalahan Google Scholar
Berikut merupakan data hasil crawling permasalahan akun dan artikel Google Scholar untuk dapat dilakukan perbaikan
Data All Akun Google Scholar November 2024
Data All Artikel Google Scholar November 2024




Dashboard Laju Perkembangan Google Scholar
Dashboard ini menyajikan data terkini mengenai pertumbuhan kutipan, jumlah artikel terindeks, dan berbagai indikator lainnya Google Scholar Telkom University dibandingkan dengan periode sebelumnya
Dashboard Laju Perkembangan Google Scholar
Materi Sosialisasi Google Scholar
Berikut adalah materi dan recording sosialisasi Google Scholar
Materi Sosialisasi Google Scholar

Recording Sosialisasi Google Scholar

Recording Sosialisasi Google Scholar November 2024
Reward
Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas kontribusi positif dalam mendukung pengembangan Google Scholar di Telkom University, Direktorat Pusat Teknologi Informasi dengan bangga memberikan reward dan penghargaan khusus berupa pemberian sertifikat dan voucher belanja kepada pihak-pihak yang telah menunjukkan kinerja terbaik. Kami ucapkan selamat kepada:
1. Fakultas dengan Perolehan angka sitasi tertinggi pada Penilaian Google Scholar Periode November 2024 : Fakultas Ekonomi dan Bisnis
2. Fakultas dengan permasalahan artikel paling rendah pada Google Scholar
periode November 2024 : Fakultas Ekonomi dan Bisnis
3. Partisipan paling aktif pada Workshop Google Scholar periode November
2024 : Uke Kurniawan Usman

Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi, komitmen, dan partisipasi yang luar biasa. Penghargaan berupa sertifikat dan voucher belanja ini merupakan simbol penghormatan atas kerja keras yang telah diberikan. Semoga pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi fakultas dan individu lainnya untuk terus mendukung pengembangan ekosistem akademik yang lebih baik melalui Google Scholar di masa mendatang.
Sertifikat dan Voucher belanja dapat di ambil pada hari Kamis, 4 Desember 2024. Bapak/Ibu dapat menghubungi contact person service desk di 082319949941
Jika terdapat kendala atau masalah terkait perbaikan akun maupun artikel dan profile Google Scholar, anda dapat mengirimkan ticketing melalui website situ-service desk https://satu.telkomuniversity.ac.id