Panduan Adobe E-Sign sebagai Pemohon

Panduan Adobe E-Sign sebagai Pemohon Cover

Video Panduan E-Sign Pemohon

START:
24 February 2022

Categories

Adobe

Panduan Adobe E-Sign sebagai Pemohon

  1. Terdapat 5 menu pada Adobe E-Sign, yaitu Home, Send, Manage, Reports, dan Account
  2. Pertama yang akan kita lakukan adalah, proses meminta tanda tangan pada sebuah dokumen
  3. Klik menu Send
  4. Kamu bisa memilih akan mengirimkan dokumen satu-persatu (dikirim ke penerima pertama, kemudian dikirim ke penerima kedua, dst), atau secara sekaligus (langsung dikirim ke penerimapertama, penerima kedua, dst). Geser ikon switch untuk mengubah cara pengiriman dokumen. Pada video panduan ini, akan ditunjukkan cara untuk mengirim dokumen secara satu-persatu
  5. Pada bagian recipient, masukkan email dari penerima dokumen tersebut
  6. Jika penerima dokumen adalah orang yang harus menandatangani dokumen, maka pada ikon pulpen, pilih role sebagai signer. Jika penerima dokumen adalah orang yang tugasnya hanya mengapprove dokumen, pilih role sebagai approver. Pada video ini, penerima pertama akan berperan sebagai signer.
  7. Pilih metode untuk verifikasi dokumen dengan menekan ikon berikut. Kemudian pilih metode verifikasi (menggunakan email, password, atau KBA). Penerima pertama akan kita pilih verifikasi menggunakan email.
  8. Khusus untuk verifikasi via KBA (Knowledge Based Authentication) hanya tersedia untuk US (United States)
  9. Selanjutnya, masukkan email penerima kedua. Penerima kedua akan berperan sebagai approver
  10. Untuk approver, kita akan memilih cara verifikasi yang berbeda dengan penerima pertama. Kita akan menggunakan password untuk verifikasi
  11. Masukkan password yang akan digunakan. Kemudian klik tombol ok
  12. Langkah selanjutnya adalah mengunggah dokumen yang ingin dikirim ke penerima. Masukkan nama dokumen, pesan, dan dokumennya.
  13. Untuk menambahkan dokumen, klik tombol Add file
  14. Klik checkbox untuk menambahkan preview dan signature field. Hal ini diperlukan agar kita bisa mengatur posisi field tanda tangan
  15. Jika semuanya sudah terisi, klik tombol next
  16. Tunggu hingga proses selesai
  17. Jika proses sudah selesai, maka dokumen akan muncul seperti gambar diatas
  18. Pada bagian recipients, kita bisa memilih siapa yang akan menerima dokumen (signer dan approver)
  19. Masukkan signature field yang dibutuhkan kedalam dokumen yang akan ditandatangani dan disapprove
  20. Jika sudah menambahkan Signature Field, klik tombol Send
  21. Setelah klik tombol send, dokumen akan terkirim ke email penerima pertama (pada panduan ini adalah signer)
  22. Untuk melihat progress dokumen, Anda dapat melihat pada menu manage

Untuk lebih jelasnya mengenai Panduan Adobe E-Sign sebagai Pemohon ini, anda dapat mengikuti video tutorial Panduan Adobe E-Sign sebagai Pemohon.

Panduan Adobe E-Sign sebagai Pemohon

Video Panduan Adobe E-Sign sebagai Pemohon

Demikian Panduan Adobe E-Sign sebagai Pemohon. Untuk selanjutnya, anda juga bisa membaca Panduan Adobe E-Sign sebagai Signer dan Approver.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.