Memperbaiki Artikel Duplikat dan Bertanda * pada Google Scholar

Memperbaiki Artikel Duplikat dan Bertanda * pada Google Scholar

Bagi para peneliti maupun dosen pasti memiliki akun Google Scholar yang digunakan untuk menyimpan data artikel-artikel yang pernah ditulis. Namun ada kalanya Google Scholar memberikan tanda-tanda unik pada angka sitasi yang ada di samping judul artikel. Tanda-tanda unik tersebut antara lain:

1.Tanda bintang (*)

Tanda bintang yang ada disamping angka sitasi berarti artikel tersebut memiliki masalah saat penginputannya. Misalnya karena dilakukan merge antara artikel satu dan lainnya. Hal ini diperbolehkan, namun perlu diperhatikan pada saat melakukan merge seluruh data yang ada pada artikel-artikel tersebut haruslah sama, misalnya penulisan judul artikel, nama-nama penulis, tahun terbit, nama penerbit, dan sebagainya. Semua data-data  tersebut harus sesuai sehingga Google Scholar tidak akan memberi tanda * pada angka sitasinya.

2.Tanda garis coret

Pemberian garis coret pada angka sitasi berarti bahwa ada 2 artikel dengan judul yang sama terdapat pada akun pemilik. Google Scholar hanya akan menghitung 1 judul artikel yang memiliki jumlah sitasi terbanyak dan yang lainnya akan diabaikan. Sehingga pemilik akun perlu menghapus salah satu judul artikel yang memiliki 2 judul yang sama tersebut.

Untuk melakukan perbaikan pada artikel-artikel tersebut dapat dengan mengikuti video tutorial berikut ini:

https://it.telkomuniversity.ac.id

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan Balasan