SLA dan Katalog Layanan PuTi

SLA dan Katalog Layanan Direktorat PuTi Telkom University

Direktorat Pusat Teknologi Informasi (PuTi) Telkom University memberikan layanan yang dapat membantu proses bisnis dalam kegiatan pembelajaran di Telkom University.

Untuk layanan tersedia pada

Senin – Kamis : 08.00 – 16.30 WIB Jumat : 08.00 – 17.00 WIB

Anda juga dapat mengunjungi bagian Service Desk untuk mendapatkan informasi layanan tersebut

Lokasi: Gedung Panambulai lantai 1 Fakultas Teknik Informatika, Universitas Telkom

Atau menggunakan kanal komunikasi melalui

Aplikasi Ticketing PUTI: https://satu.telkomuniversity.ac.id/auth/login 

Nota Dinas Elektronik

Whatsapp : 0823 1994 9941

Dengan Ketersediaan Minimum yang Dijaminkan sebesar 93,07%

Layanan yang diberikan telah disetujui oleh pihak-pihak terkait :

Embed PDF

Berikut daftar layanan yang tersedia di Direktorat PuTi:

NoLayananDeskripsiCakupan Pengguna Layanan1st Level Support2nd Level SupportPerioda PenjaminanKomponen LayananKebergantungan Dengan Layanan LainOutcome
1Akses InternetLayanan permintaan dan penanganan terkait instalasi jaringan Wifi, instalasi jaringan LAN, akun tamu, permintaan ip publik dan bypass internet.mahasiswa, Pegawai, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKaUr. Infrastruktur TI3 Hari Kerjaa. Akses internet
b. Listrik
a. Infrastruktur jaringan
b. Sistem Autentikasi (e-Portal, SAM+, LDAP)
c. DNS
d. Keamanan jaringan
e. ISP
Mahasiswa, Dosen, dan Pegawai dapat menggunakan layanan internet di lingkungan Telkom University
2Shared HostingLayanan permintaan dan penaganan terkait Shared hostingmahasiswa, Pegawai, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKaUr. Pusat Data2 Hari Kerjaa. Internet
b. Server share hosting
c. Cloudflare
d. Listrik
a. Server web
b. Database server
c. Server email
d. Sistem keamanan
Layanan Share hosting dapat digunakan dengan baik
3ColocationLayanan permintaan dan penangana terkait penitipan server di Data Center Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKaUr. Pusat Data2 Hari Kerjaa. Internet
b. Listrik
a. Infrastruktur penyimpanan data
b. Keamanan sistem
Layanan share hosting dapat bekerja dengan baik
4VPSLayanan permintaan dan penaganan terkait VPSmahasiswa, Staff, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKaUr. Pusat Data2 Hari Kerjaa. Internet
b. Listrik
a. Infrastruktur penyimpanan data
b. Keamanan sistem
Layanan VPS dapat bekerja dengan baik
5Email UnitLayanan permintaan dan penanganan terkait Email UnitUnit yang ada di lingkungan Telkom UniversityService DeskKaUr. Pusat Data3 Hari Kerjaa. Internet
b. Listrik
a. DNS
b. Microsoft
c. Keamanan
d. Penyimpanan data
Mendapatkan layanan email dan layanan tersebut berjalan dengan baik
6Website WordpressPermintaan dan pengelolaan pembuatan subdomain baru sesuai permintaan user serta penanganan gangguan website yang berefek rusaknya aplikasi website dan fungsi website tidak berjalan normalUnit yang ada di lingkungan Telkom UniversityService DeskKaUr. Konten dan Sumber Daya TI2 Hari Kerjaa. Internet
b. Servier hosting
c. DNS
d. WAF local
e. WAF Cloudflare
f. Listrik
g. Gateway (LDAP, Microsoft)
a. DNS
b. Microsoft
Dapat menggunakan layanan subdomain dengan domain utama *telkomuniversity.ac.id
7LisensiLayanan lisensi yang berkaitan dengan penyesuaian akun Microsoft, Adobe dan lisensi labUnit yang ada di lingkungan Telkom UniversityService DeskKaUr. Konten dan Sumber Daya TI2 Hari Kerjaa. Internet
b. Listrik
c. Gateway (LDAP, Microsoft)
Microsoft
Dapat menggunakan layanan lisensi yang telah disediakan
8Top Up Message BroadcastLayanan Top Up untuk mendukung pengiriman pesan secara massal kepada seluruh civitas Telkom University Unit yang ada di lingkungan Telkom UniversityService DeskKaUr. Konten dan Sumber Daya TI2 Hari KerjaInternetDapat mengirim pesan secara massal
9Pengembangan Aplikasi/API BesarMerupakan pengembangan Produk Teknologi Informasi oleh Direktorat PUTI meliputi aplikasi akademik (yang dibangun untuk memberi kemudahan pada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik), aplikasi non-akademik (yang berpusat pada tata kelola sumberdaya di Telkom University) dan aplikasi strategi (layanan dasar yang menunjang sistem informasi secara keseluruhan).Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)KaBag. Pengembangan Produk TIKaUr. Pengembangan Priduk TI132 Hari Kerjaa. Internet
b. Server hosting
c. DNS
d. WAF Local
e. WAF Cloudflare
f. Listrik
g. Server LDAP
h. Gateway (LDAP, Microsoft)
Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing projecta. Kode Program atau Database
b. Aplikasi
10Pengembangan Aplikasi/API SedangMerupakan pengembangan Produk Teknologi Informasi oleh Direktorat PUTI meliputi aplikasi sistem informasi akademik (yang dibangun untuk memberi kemudahan pada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik), aplikasi sistem informasi non-akademik (yang berpusat pada tata kelola sumberdaya di Telkom University) dan aplikasi pendukung (layanan dasar yang menunjang sistem informasi secara keseluruhan).
Pengembangan aplikasi sedang adalah pengembangan aplikasi setelah dianalisis oleh Sistem Analis memiliki sejumlah 5 sampai dengan 6 menu/modul. Tiap modul memiliki proses input data, edit atau update data, delete data dan menampilkan detail data (CRUD)
Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)KaBag. Pengembangan Produk TIKaUr. Pengembangan Priduk TI99 HKa. Internet
b. Server hosting
c. DNS
d. WAF Local
e. WAF Cloudflare
f. Listrik
g. Server LDAP
h. Gateway (LDAP, Microsoft)
Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing projecta. Kode Program atau Database
b. Aplikasi
11Pengembangan Aplikasi/API Besar KecilMerupakan pengembangan Produk Teknologi Informasi oleh Direktorat PUTI meliputi aplikasi sistem informasi akademik (yang dibangun untuk memberi kemudahan pada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik), aplikasi sistem informasi non-akademik (yang berpusat pada tata kelola sumberdaya di Telkom University) dan aplikasi pendukung (layanan dasar yang menunjang sistem informasi secara keseluruhan).
Pengembangan aplikasi kecil adalah pengembangan aplikasi setelah dianalisis oleh Sistem Analis memiliki sejumlah 3 sampai dengan 4 menu/modul. Tiap modul memiliki proses input data, edit atau update data, delete data dan menampilkan detail data (CRUD).
Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)KaBag. Pengembangan Produk TIKaUr. Pengembangan Priduk TI66 HKa. Internet
b. Server hosting
c. DNS
d. WAF Local
e. WAF Cloudflare
f. Listrik
g. Server LDAP
h. Gateway (LDAP, Microsoft)
Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing projecta. Kode Program atau Database
b. Aplikasi
12RFC MinorPerubahan Aplikasi atau API merupakan layanan untuk melakukan penyesuaian atau penambahan fitur pada aplikasi yang terdaftar pada katalog aplikasi Bagian Pengembangan Produk IT dan sudah disetujui oleh pemilik proses. Perubahan Minor adalah perubahan aplikasi yang membutuhkan waktu eksekusi antara 2 minggu hingga 2 bulan. Waktu eksekusi akan dihitung oleh Sistem Analis.Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)KaBag. Pengembangan Produk TIKaUr. Pengembangan Priduk TI44 HKa. Internet
b. Server hosting
c. DNS
d. WAF Local
e. WAF Cloudflare
f. Listrik
g. Server LDAP
h. Gateway (LDAP, Microsoft)
Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing projecta. Kode Program atau Database
b. Aplikasi
13RFC PatchPerubahan Aplikasi atau API merupakan layanan untuk melakukan penyesuaian atau penambahan api pada api yang terdaftar pada Bagian Pengembangan Produk IT dan sudah disetujui oleh pemilik proses. Perubahan Patch adalah perubahan api yang membutuhkan waktu eksekusi antara 1 minggu hingga 2 minggu. Waktu eksekusi akan dihitung oleh Sistem AnalisSeluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)KaBag. Pengembangan Produk TIKaUr. Pengembangan Priduk TI10 Hari Kerjaa. Internet
b. Server hosting
c. DNS
d. WAF Local
e. WAF Cloudflare
f. Listrik
g. Server LDAP
h. Gateway (LDAP, Microsoft)
Tergantung scop masing-masing, definisi detail akan di tentukan pada masing-masing projecta. Kode Program atau Database
b. Aplikasi
14Permintaan DataLayanan permintaan data yang meliputi permintaan data aplikasi, data log activity, data dokumen aplikasi, update data aplikasi, dan inject data aplikasi.Seluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Service DeskKaUr. Pengembangan Priduk TI5 Hari Kerjaa. Internet
b. Server hosting
c. DNS
d. WAF Local
e. WAF Cloudflare
f. Listrik
g. Server LDAP
h. Gateway (LDAP, Microsoft)
Data terkaitMendapatkan data sesuai dengan permintaan
15Perbaikan bugsLayanan perbaikan bugs seperti filter tidak berfungsi dengan semestinya, gagal download/gagal upload, notifikasi tidak sesuai, data tidak sesuai, tombol tidak berfungsi, data tidak muncul/hilang dan error response APISeluruh pemilik proses bisnis Telkom University (Fakultas, Unit/Bagian, Direktorat/Bidang)Service DeskKaUr. Pengembangan Priduk TI3 Hari Kerjaa. Internet
b. Server hosting
c. DNS
d. WAF Local
e. WAF Cloudflare
f. Listrik
g. Server LDAP
h. Gateway (LDAP, Microsoft)
Microsoft
a. Kode Program atau Database
b. Aplikasi
16Informasi Layanan PublikLayanan informasi yang berkaitan dengan Layanan TI di PUTImahasiswa, Pegawai, Dosen dan Unit di lingkungan Telkom UniversityService DeskKaUr. Layanan Pengguna3 Hari Kerjaa. Internet
b. Listrik
c. Server LDAP
d. Gateway (LDAP, Microsoft)
Microsoft
User mendapatkan informasi sesuai dengan yang dibutuhkan