Simak 10 On Page SEO Checklist untuk pengoptimasian yang dilakukan pada halaman website dengan tujuan meningkatkan peringkat di Search Engine seperti Google
Mengenal SEO On Page
On-Page SEO adalah suatu proses pengoptimasian yang dilakukan pada halaman website dengan tujuan meningkatkan peringkat di Search Engine seperti Google. SEO On Page Sangat penting karena dapat memberikan dampak besar terhadap halaman website. Dengan optimasi yang tepat, website Anda sangat mudah untuk selalu mendominasi di setiap pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu. SEO On Page juga mampu meningkatkan peringkat suatu website, sehingga akan mendapatkan engagement serta traffic dengan jumlah besar. Lalu On-Page SEO juga memberikan best user experience sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pengguna sehingga meningkatkan tingkat retensi pengguna dan mengurangi tingkat penolakan. Dan yang terakhir dengan pemilihan keyword yang tepat mudah bagi website Anda mendapatkan lalu lintas organik dan mengonversinya menjadi peluang bisnis.
10 On Page SEO Checklist
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengoptimasi On-Page SEO
Mobile Friendly
Ini berarti memastikan bahwa situs web Anda dirancang dan dioptimalkan dengan baik untuk tampil dengan baik pada perangkat mobile. Ini sangat penting karena Google lebih memprioritaskan situs yang responsif terhadap perangkat mobile.
URL yang Pendek dan Memiliki Keyword yang Disasar
URL yang singkat, padat, dan mengandung kata kunci yang relevan dapat membantu mesin pencari memahami topik halaman tersebut dengan lebih baik. Contoh: www.contohweb.com/artikel-seo-onpage.
Berbicara mengenai keyword ada beberapa istilah yang wajib Anda ketahui. Mari kita berkenalan dengan Keyword Difficulty, Kita ibaratkan Teknik optimasi SEO sebagai ekspedisi pendakian gunung. Keyword Difficulty disini menentukan kecuraman dan persaingan dari jalan yang Anda pilih. Keyword Difficulty kita anggap sebagai sebuah kompas, dengan memahami KD dapat memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan jalur, alokasi sumber daya dengan bijak, dan peringkat yang lebih tinggi. KD biasanya memiliki rank 0-100, dimana artinya makin besar nilai KD hal ini menandakan bahwa persaingan keyword Anda akan sangat sulit sehingga Anda dapat memiliki keyword dengan tingkat persaingan yang lebih rendah.

Selanjutnya Volume, dalam memilih keyword yang tepat Anda harus memperhatikan volume pencariannya. Pilih keyword dengan Search Volume yang tinggi dengan tingkat persaingan rendah. Ini akan semakin meningkatkan opportunity untuk berada di halaman pertama Search Engine.
Dan terakhir pilih keyword dengan jenis Long Tail Keywords, jenis keywords ini umum nya memiliki tingkat persaingan yang rendah sehingga akan lebih banyak peluang Anda untuk mendapatkan rank dengan cepat. Saat melakukan pencarian keyword anda juga dapat melakukan filtering dengan keyword yang mengandung kata (untuk, vs, dalam dan lainnya)

Internal Link
Membuat tautan internal antara halaman-halaman di situs Anda membantu dalam navigasi dan memberikan struktur kepada mesin pencari untuk memahami hierarki halaman Anda. Pastikan tautan tersebut relevan dan bermanfaat bagi pengguna. Internal link membantu memudahkan pembaca untuk menemukan informasi lain dalam suatu website, dengan optimasi internal link yang baik akan tercipta suatu komunikasi yang jelas dalam website Anda.
Dalam optimasi Internal link kita harus mengenal istilah Anchor Text. Anchor Text adalah clickable text dari sebuah link. Diibatkan Anchor text sebagai sebuah label dari suatu link. Berikut contoh dari anchor text

Anda tentu tidak boleh sembarangan dalam menulis Anchor text ini buat text yang relevan terhadap topik pembahasan dari suatu link yang akan anda sisipkan.
Penggunaan Heading dan Subheading
Menggunakan tag heading (H1, H2, H3, dst.) dengan benar membantu mengorganisir konten Anda. H1 biasanya digunakan untuk judul utama, sedangkan H2, H3, dan seterusnya digunakan untuk subtopik. Ini membantu mesin pencari memahami struktur konten Anda.

Bayangkan Anda sedang membaca suatu buku, rasa nya membosankan bukan bila tulisan dalam buku tersebut tidak mengandung bab bab tertentu. Buku dengan informasi mengenai Judul, bab dll tentu sangat memudahkan kita untuk memahami informasi atau topik yang terkandung di dalamnya.
Dalam SEO, penggunaan heading & subheading sangat penting untuk membantu Search Engine melihat bagaimana struktur halaman suatu situs website. Sama sepertu seperti buku terstruktur yang memandu pembaca, heading dan subheading memudahkan pembaca dalam memandu dan memahami informasi. Google sangat menyukai konten dengan struktur yang jelas.
H1
Dalam implementasinya H1 di ibaratkan sebagai judul buku, oleh karena itu jangan pernah gunakan H1 dua kali per halaman. Karena judul artikel yang anda tulis secara otomatis telah memiliki struktur H1. Jadi Anda hanya tingga mengoptimasi bagian sub judul saja.
H2-H5
H2 -H5 memuat informasi mengenai sub judul. Penggunaan H2 – H5 pada isi artikel sangat penting terhadap optimasi SEO dan relevansi
Meletakkan Primary Keyword di Judul
Menyertakan kata kunci utama Anda dalam judul halaman adalah Teknik SEO yang tepat. Hal ini bertujuan memberi tahu Search Engine tentang topik utama halaman tersebut.
Peletakan Primary Keyword di Judul berkaitan dengan istilah Meta Title. Pernahkah Anda melakukan pencarian keyword di Searh Engine? Bila Anda mengamati hasil pencarian yang di tampilkan oleh Search Engine yaitu berupa Meta Title dan Meta Deskripsi nya. Meta Title adalah kalimat atau frasa yang muncul dibagian atas web browser berupa halaman tertentu dari hasil pencarian kata kunci tertentu.

Biasanya bila Anda tidak menggunakan tools pihak ketiga untuk mengoptimasi SEO, Meta Title secara otomatis membaca judul suatu artikel. Oleh karena itu penting untuk selalu meletakkan Primary Keyword di judul artikel. Ada 5 trik yang dapat anda lakukan untuk mengoptimasi Meta Title antara lain
- Anda dapat menonjolkan penggunaan karakter seperti “-“ “:” dan lainnya
- Ringkas namun deskriptif
- Letakkan Primary Keyword Anda
- Gunakan Bahasa yang menarik
- Tambahkan angka & tanggal

Selanjutnya mari kita membahas mengenai Meta Deskripsi. Meta Deskripsi adalah deskripsi singkat yang muncul dibagian atas web browser berupa halaman tertentu dari hasil pencarian kata kunci tertentu. Umumnya Meta Deskripsi berisi cuplikan singkat yang tidak hanya bertujuan untuk menarik pengguna, namun juga memberi tau Search Engine mengenai suatu konten. Ada 5 trik yang dapat anda lakukan untuk mengoptimasi Meta Title antara lain
- Letakkan Primary atau Secondary Keyword
- Ringkas, relevan dengan konten namun memberikan pesan mendalam
- Jangan letakkan keyword secara berlebihan
- Tulis Sesutu yang dapat mendirect pengunjung
- Jangan pernah menduplikat isi Meta Deskripsi yang sama ke halaman lain

Mengoptimasi Gambar
Mengurangi ukuran gambar untuk mempercepat waktu muat halaman dan memberikan teks alternatif (Alt Text) yang deskriptif untuk setiap gambar. Ini membantu mesin pencari memahami konten gambar Anda.

Mari sedikit kita bahas mengenai Alt Text. Sebuah gambar tidak dapat berbicara bukan? Tetapi faktanya suatu situs website membutuhkan gambar untuk “berbicara”. Fungsi Alt Text ini seperti memeberikan kata-kata atau informasi dari sebuah gambar. Alt Text sangat penting untuk memberi tahu Search Engine seperti Google mengenai informasi gambar. Penting diingat bahwa Google tidak membaca gambar namun Alt Text nya, hal ini sangat mempengaruhi peringkat website Anda.
Menulis Konten Unik & Konsisten Menerbitkan Konten
Konten yang unik dan relevan dengan kata kunci yang ditargetkan akan mendapatkan peringkat lebih baik. Hindari menggandakan atau mengambil konten dari sumber lain.
Konsistensi dalam menerbitkan konten baru memungkinkan mesin pencari untuk terus-menerus mengindeks situs Anda. Jadwal penerbitan yang teratur juga bisa menarik lebih banyak pengunjung. Ada banyak sekali jenis konten yang dapat membantu Anda Rank di Google, antara lain Evergreen Content. Evergreen content adalah jenis artikel yang tetap relevan seiring berjalannya waktu. Menurut Search Engine Journal Evergreen Content berbeda dengan konten viral dimana jenis ini tidak terikat pada peristiwa atau tren tertentu dan dapat terus bermanfaat bagi pembaca selama bertahun-tahun. Misalnya, “Teknologi Internet of Things” atau “Mengenal Jenis-jenis Server”
Biasanya jenis Evergreen Content dapat berupa :
- Artikel “How-To”: Artikel “How-To” adalah panduan tentang cara melakukan sesuatu. Mereka memberikan petunjuk yang jelas dan konkret kepada pembaca tentang bagaimana melakukan tugas tertentu.

- Listicles adalah artikel yang disusun dalam bentuk daftar. Listicles biasanya berisi informasi yang terkait dengan topik tertentu.

- Artikel Long Form: Artikel Long Form adalah konten yang lebih panjang dan mendalam. Konten jenis ini umumnya cenderung mencakup informasi yang lebih luas dan mendalam tentang suatu topik. Artikel ini biasanya memiliki lebih dari 1.000 kata dan sering digunakan untuk menjelaskan topik kompleks atau menceritakan cerita yang mendalam.

- Studi kasus adalah artikel yang mendokumentasikan hasil suatu proyek, penelitian, atau situasi tertentu. berkaitan dengan permasalahan, solusi, dan hasil dari suatu kejadian atau proyek. Studi kasus dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti bisnis, pendidikan, atau ilmu pengetahuan.

- Artikel Opini: Artikel Opini adalah tulisan yang mencerminkan pandangan atau pendapat penulis tentang suatu topik tertentu. Mereka biasanya berisi analisis, evaluasi, atau argumentasi terhadap suatu isu atau peristiwa berdasarkan sudut pandang penulis.

Dalam membuat konten dan artikel yang berkulitas tentu penting bagi kita untuk melakukan keyword research. Ada beberapa jenis keyword yang dapat di jadikan peluang untuk mengoptimasi SEO. Berikut 5 trik yang perlu diperhatikan dalam membuat konten berkualitas
- Sisipan informasi dalam bentuk media (gambar, video, infografis)
- Targetkan Evergreen Content
- Sharing konten ke social media
- Sertakan CTA diakhir artikel
- Perbaharui konten secara berkala
Dampak dari tidak diupdate nya konten sangat berpengaruh terhadap suatu website seperti turun nya peringkat di Search Engine, pertumbuhan lalu lintas organic yang lambat, Kalah dalam persaingan dengan website competitor, kehilangan otoritas artinya kita kehilangan kepercayaan oleh pengguna sebagai sumber informasi yang akurat atau relevan, dan menurunkan engagement dnegan pengguna
Primary Keyword
Biasanya terdiri dari dari 1-2 kata, biasanya bersifat umum contoh seperti “shoes”. Dalam implementasinya Telkom University perlu menguatkan beberapa keyword seperti


Long Tail Keyword
Jenis keyword ini cukup powerful di gunakan untuk mengoptimasi SEO karena tingkat persaingan yang rendah, Long Tail Keywrod biasanya terdiri dari 3-4 kata dan di ikuti dengan kata hubung seperti untuk, di, dalam dan lainnya. Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu di kuatkan oleh website domain Telkom University

Branded Keywrod
Branded keyword atau kata kunci bermerk penting untuk universitas dan lembaga pendidikan tinggi dalam konteks strategi pemasaran dan visibilitas. Berikut adalah contoh kata kunci yang perlu di tingkatkan oleh institusi Pendidikan study kasus website Telkom University

Transactional Keyword
Jenis keyword ini bisanya berhubungan dengan aktifitas yang menguntungkan suatu bisnis atau produk. Bila mnegacu pada Telkom University kitab isa meningkatkan keyword seperti “Beasiswa Telkom University” “Pendaftaran Telkom University”

Informational Keyword
Jenis keyword ini biasanya berisi mengenai informasi pengetahuan mengenai sesuatu hal. Jenis konten ini biasanya menekankan pada keyword “how to”

Menyisipkan Keyword di Paragraf Pertama
Menyertakan kata kunci utama dalam kalimat pertama atau dua kalimat pertama dapat membantu mesin pencari dan pembaca segera memahami topik halaman tersebut.
Bila Anda tidak menggunakan tools optimasi SEO Kalimat pertama yang Anda tulis pada isi artikel lah yang menentukan hasil Meta Deskripsi konten Anda di Search Engine. Sehingga penting untuk Menyisipkan keyword anda di Paragraf Pertama isi artikel Anda.
Mengoptimasi Kecepatan Website
Kecepatan memuat halaman adalah faktor penting dalam peringkat mesin pencari dan pengalaman pengguna. Anda dapat meningkatkan kecepatan dengan mengoptimasi gambar, menggunakan cache, dan memilih hosting yang cepat.
Menyisipkan Referensi dari High-Quality Sites
Menyisipkan tautan ke situs berkualitas tinggi (dengan otoritas yang tinggi di bidangnya) dapat meningkatkan kepercayaan dan otoritas konten Anda di mata mesin pencari.
Eksternal link dari situs web berkulitas dapat berfungsi sebagai “cap” yang mengonfirmasi informasi atau penelitian yang Anda bagikan dalam konten Anda. Eksternal Link dari High Qualitu Sites membantu membangun kepercayaan pengunjung Anda.
Memberikan tag “nofollow” pada tautan (link) adalah praktik SEO yang digunakan untuk menginformasikan mesin pencari bahwa Anda tidak ingin mengalirkan otoritas atau “link juice” dari halaman Anda ke halaman yang ditautkan.
