MOZ Pro Walkthrough Overview

Workshop MOZ

MOZ Overview

START:
23 Desember 2021

Address

Zoom   View map

Categories

SEO Website

MOZ Pro Walkthrough Overview

 

BANDUNG, Telkom University – Tim Konten Direktorat Pusat Teknologi Informasi (PuTi) Telkom University mengikuti webinar  “MOZ Pro WalkTrough Overview” pada Kamis (23/12). MOZ merupakan salah satu tools dalam riset keyword dan analisa SEO yang banyak dgunakan. Hal ini karena tools SEO ini, menawarkan kemudahan dan kelengkapan data yang berguna untuk strategi optimasi SEO. Fitur utama dari tools ini adalah link explorer, keyword explorer, dan rank tracker. Berikut ini akan dibahas beberapa fitur utama yang sering digunakan pada tools MOZ ini

Video MOZ Pro Walkthrough Overview

Video MOZ Pro Walkthrough Overview

Sesi Penjelasan Fitur MOZ

 

1. Campaign

MOZ Telkom University 1

Fitur Campaign MOZ

 

Campaign merupakan fitur yang dapat  memudahkan dalam melakukan analisa teknis SEO. Dengan Fitur ini, Anda dapat melihat :

 

  • Dashboard
  • Insight
  • Rangkings : fitur pada Moz yang memudahkan Anda dalam melihat peringkat Website Anda. Selain itu Anda juga dapat melihat Search Visibility (estimasi seberapa besar klik dari posisi ranking keyword tsb)
  • Page Optimization : Page Optimization berfungsi mengoptimasi sebuah halaman yang diinginkan. Pada page optimization ini, Anda dapat mengetahui “Page Score” yaitu estimasi skor dalam memperkirakan seberapa baik halaman tsb dioptimalkan pada kata kunci spesifik.
  • Site Crawl : Menampilkan issue issue yang ada pada suatu website
  • Link : Tools ini sama seperti Link Research
  • Site Traffic : Menampilkan informasi traffic seperti jumlah traffic berdasarkan search enginee Google, Bing, Yahoo, dll, % of Total Search Traffic, % New Visits Bounce Rate, Pages per Visit

 

2. Keyword Research

MOZ Telkom University 2

Fitur Keywords Research MOZ

 

Keywords Research adalah salah satu fitur pada tools MOZ. Dengan fitur ini Anda dapat mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari orang, kata kunci dengan ranking tertentu, dan kekuatan situs lain yang menjadi competitor kita dan lainnya. Dengan Fitur ini, Anda dapat melakukan :

 

  • Research keywords
  • Site Overview
  • Keywords Overview meliputi Monthly Volume, Difficulty, Organic CTR, My Score, Priority Untuk dapat melihat suatu keywords yang baik Anda dapat melihatnya dibagian

 

Keywords Overview > ketik kata kunci tertentu contoh “Telkom University > pilih lokasi > klik Analyze

 

Monthly Volume : menunjukkan jumlah pencarian untuk kata kunci tertentu untuk bulan tertentu

Difficulty : menunjukkan betapa sulitnya untuk suatu keywords dapat masuk kedalam peringkat di atas 10 besar. Skor difficulty 1 menandakan  tidak sulit sama sekali, dan 100 sangat sulit.

Organic CTR : menunjukkan jumlah atau  rasio klik-tayangan untuk hasil pencarian organic (search).

My Score : memungkinkan Anda untuk menerapkan ukuran atau nilai dari suatu kata kunci dalam list keywords.

Priority Score:  yaitu skor yang menunjukan bagaimana kombinasi antara volume pencarian, Organic CTR, dan persaingan.

 

  • Membuat daftar keyword atau keywords list
  • Memeriksa peringkat suatu situs berdasarkan keyword tertentu
  • Melihat keywords metrik dan SERP Analytics

 

Dengan SERP Analytics Anda dapat melihat informasi seperti PA, DA, Linking RDs to Page, Linking RDs to Root Domain serta Page Score. DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) merupakan 2 metric yang saling berhubungan indikator ini mempengaruhi suatu kepopuleran situs web.

Domain Authority (DA) merupakan fitur dalam cara menilai otoritas atau authority pada sebuah website. DA melakukan pengecekan dari total keseluruhan halaman website. Jadi bukan halaman individual saja. DA berfungsi mengukur kekuatan peringkat prediktif dari seluruh domain atau subdomain sedangkan Page Authority (PA) mengukur kekuatan individual suatu pages. Faktor yang mempegaruhi kenaikan DA dan PA ini adalah jumlah backlink dan kualitas backlink yang mengarah ke suatu situs.

 

3. Link Research

MOZ Telkom University 3

Fitur Link Research MOZ

 

Link Research merupakan fitur untuk melakukan analisa terhadap link suatu website. Data yang didapat ketika menggunakan fitur ini adalah seperti domain authority (DA) pada suatu link website tsb, berapa banyak jumlah linking domain, inbound links, dan ranking keywords. Dengan Fitur ini, Anda dapat melihat :

  • Bagaimana cara mengindeks web
  • Melihat inbound links pada suatu situs dengan Inbound Link
  • Melihat linking domain dengan Linking Domain
  • Melihat Anchor Text Dari Suatu Situs dengan Anchor Text
  • Melihat Top Pages dari website kita dengan Top Pages
  • Melihat Broken Link yang mengarah ke website kita

Link > Spam Score > Scroll Bagian List Spam Link > Selanjutnya Anda bisa menghapus link menggunakan Tools Pihak Ketiga atau meremove link menggunakan Tools milik Google

  • Melihat perbandingan linking domain vs lost domain dalam 60 hari terakhir dengan Discovered and lost
  • Compare situs kita degan website lain dengan Compare Link Profile
  • Melihat Spam score dan cara memperbaikinya dengan Spam Score
  • Melihat melihat situs yang terhubung ke competitor Anda tetapi tidak dengan situs Anda dengan Link Intersect

4. OnPage Grader

MOZ Telkom University 4

Fitur On Page Grader MOZ

 

Berisi saran saran yang dapat Anda ikuti untuk mengimprove suatu website dengan beberapa indikator analisis seperti :

 

  • Hurting yor score : List dari hal hal yang yang menurunkan score situs web Anda

 

Sesi QnA

 

1. Bagaimana Cara Menaikkan Domain Authority (DA) dari suatu website?

Faktor utama yang mempengaruhi kenaikan dari suatu Domain Authority yaitu jumlah serta kualitas backlink yang situs website Anda miliki. Selain itu Tools Link Intersect dan analisis link juga dapat membantu melihat mana saja link yang mengarah ke website competitor Anda namun tidak ke website Anda.  Semakin banyak link yang mengarah pada website kita dengan kualitas yang baik sangat berpengaruh terhadap kenaikan Domain Authority (DA)

 

Domain Authority is not a Google ranking factor and has no effect on the SERPs.

 

Baca Juga : Cara Menaikkan Domain Authority

 

Selain itu cara untuk menaikkan Domain Authority (DA) yaitu dengan :

 

  • Mengindentifikasi serta membandingkan beberapa indikator MOZ dengan Kompertitor Kita menggunakan Fitur (Analyze Keywords, SERP Analysis) untuk mengetahui keywords, site size, dan content dari competitor kita.

 

  • Menganalisis dan Compare Link Profile semakin banyak backlink yang mengarah ke website kita, maka akan memberikan dampak yang baik untuk kenaikan DA

 

  • Membuat Content yang berkualitas dan Interaktif. Hal ini dapat Anda lakukan dengan melihat Top Pages dari Competitor Anda menggunakan Fitur (Top Pages)

 

  • Memastikan bahwa Top Pages pada website Anda Active dan Tidak Error. Untuk melihat hal ini Anda dapat menggunakan tools Top Pages lalu cek pada bagian Status Code pastikan Status Code tidak menunjukan code 404. Bila Anda menemukan Top Pages yang Tidak Aktif sebaik nya Anda melakukan fixing atau redirect link tersebut

 

  • Membagikan Top Pages dari Konten yang telah dibuat ke social media atau postingan tertentu

 

  • Memperbaiki issue yang ada pada website Anda pada :

Tools Site Crawl > Critical Crawler Issues > 4xx Error 933 > Checklist Pages yang ingin Anda Perbaiki / Fixing > Pilih Mark as Fixed atau Ignore

 

2. Bagaimana Cara melihat negative atau spam backlink ? Bagaimana cara menghapus nya?

 

Untuk dapat melihat Negative atau Spam Link Anda Dapat menuju menu Link > Spam Score > Scroll Bagian List Spam Link > Selanjutnya Anda bisa menghapus link menggunakan Tools Pihak Ketiga atau meremove link menggunakan Tools milik Google

 

3. Apakah Backlink Nofollow dengan jumlah besar dapat mempengaruhi atau bahkan menurunkan Domain Authority (DA)?

 

Tidak masalah bila suatu website memiliki Nofollow Backlink, dan tidak akan memberi impact negative terhadap suatu website. Namun bila Website Anda memiliki banyak Dofollow Backlink tentu sangat memberikan impact yang positive pada Domain Authority (DA)

 

4. Apa yang lebih mempengaruhi kenaikan Domain Autority? Apakah SEO, content atau yang lain?

 

Domain Autority berkaitan dengan:

 

  • Backlink yang Anda miliki (berkualitas atau tidak nya)
  • Mengatasi Technical Isssue website

 

Kesimpulan

Moz merupakan tools yang bermanfaat untuk Anda gunakan sebagai alat untuk analisa SEO pada website Anda maupun website kompetitor. Selain itu Domain Authority pada MOZ merupakan salah satu indicator penting dalam pemeringkatan perguruan tinggi versi 4icu. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk informasi lainnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.