Workshop Growing with Diib: Live Demo and Q&A Session

Diib

Diib Overview

START:
29 Desember 2021

Address

Zoom   View map

Categories

SEO Website

BANDUNG, Telkom University – Tim Konten Direktorat Pusat Teknologi Informasi (PuTi) Telkom University mengikuti webinar  “Diib Overview” pada Rabu (29/12). Diib  merupakan salah satu SEO tools dalam riset keyword, analisa SEO dan backlink yang banyak dgunakan. Diib juga merupakan platform manajemen data yang menyediakan analitik prediktif dan dapat digunakan untuk menganalisis Kesehatan situs web serta meningkatkan pendapatan. Serta fitur lain seperti SEO Dashboard, Answer Engine, Website Analytics, Tracker and an extensive library. Berikut akan dibahas beberapa fitur yang ada pada Tools Diib:

 

Workshop Growing with Diib Live Demo and QA Session

Video Workshop Growing with Diib Live Demo and QA Session

1. Diib Dashboard

Diib Dashboard

Diib Dashboard

 

Diib Dashboard memberikan semua rincian tentang Kesehatan Situs Web (Website Health), Skor Kesehatan Harian (Daily Health Score), Peluang Pertumbuhan Tahunan (Annual Growth Opportunities), Peringkat Situs Web (website rank), Tujuan, Peringatan (Alerts), dan laporan pengunjung / analitik (visitors/ analytics reports).

Dimana Website Health menunjukan beberapa informasi sebagai berikut :

  • Mobile Speed : Traffic ke website banyak didatangkan dari Mobile Device, maka dari itu Mobile Speed suatu website perlu diperhatikan dan terus dilakukan Optimasi.
  • Domain Authority : Domain Authority adalah skor yang menunjukkan seberapa baik peringkat website yang dinilai melalui alamat domain yang digunakan. Skor Otoritas Domain dihitung dari 1 hingga 100. Skor yang lebih tinggi dianggap lebih berpotensi mendapat peringkat lebih baik.
  • Sitemap : Sitemap adalah file yang berisi daftar semua halaman penting dari sebuah website. Alasan menyimpan semuanya dalam satu file “XML Sitemap” adalah karena ini membantu crawler menemukan semua halaman di satu tempat, dibandingkan menemukannya melalui link internal. Sitemap memiliki peran penting dalam SEO.
  • Keywords : menunjukan hasil analisis dari suatu keywords
  • Backlinks : menunjukan hasil analisis dari suatu backlinks
  • SSL Certificate : teknologi keamanan standar, bila suatu website menggunakan SSL ini maka dianggap suatu website memiiki keamanan yang lebih baik
  • Blacklists : memberikan nformasi mengenaia ada atau tidak nya “daftar hitam email,” daftar blokir email adalah daftar email, domain, atau alamat IP yang diblokir yang diduga mengirim spam atau konten berbahaya.

Selain itu di bagian

  • Data channel : Anda juga bisa menghubungkan website Anda dengan Google Analytics yang terhubung dengan bagian Social Analytics
  • Core Vitals : Berhubungan dengan health dan speed suatu situs. Anda juga dapat melakukan Core Vitalts test yang nantinya akan menunjukkan informasi poor categories di website Anda

2. Objective dan Alerts

Objective & Alerts Diib

Objective & Alerts Diib

 

Diib menghasilkan list dari alert dan objective. Ini juga menunjukkan percentage of visitors with different devices / platforms, returning visitors, improvement

 

Dengan mengklik Objective dan Alert ini Anda akan mendapatkan penjelasan, prosedur, dan tips yang tepat untuk menyelesaikan daftar list issue yang ada pada Alert dan Objective.

 

Namun pada bagian Alerts ini hanya menunjukan issue issue apa saja yang ada pada website Anda tidak menjelaskan secara keseluruhan mengenai bagaimana cara menangani issue issue tersebut

 

Sedang pada bagian Objective berisi list dan informasi yang dapat Anda gunakan untuk mengimprove website mulai dari performance dan SEO Optimization. Bila anda ingin mengetahui cara untuk mengimprove list yang ada di bagian Objective Anda harus memiliki akun Diib Pro

 

3. My Keywords

My Keywords Diib

My Keywords Diib

Berisi informasi mengenai :

 

  • Website Authority : Memprediksi seberapa besar kemungkinan sebuah situs web memberi peringkat untuk kata kunci di mesin pencari. Skor otoritas situs web berkisar antara 0 hingga 100, semakin besar angka nya maka akan semakin kuat
  • Organic Search Traffic : Perkiraan mengenai berapa kali orang mencari suatu  kata kunci di Google selama 30 hari terakhir.
  • Total Number of Keywords : Ini adalah jumlah total kata kunci yang peringkat situs web di 100 teratas dalam hasil pencarian Google.
  • List Keyword
  • Google ranking : Posisi atau rank di mesin pencari Google. Contoh 5 berarti peringkat situs web Anda berada di peringkat kelima dalam pencarian Google.
  • Traffic : Total traffic dari suatu kaca kunci tertentu
  • Mouthly Volume : Perkiraan mengenai berapa kali orang mencari kata kunci di Google selama 30 hari terakhir.
  • Ranking Difficult : Keywords Difficulty yaitu tingkat kesulitan dari suatu keywords (atau “persaingan”). Semakin besar angkanya, semakin sulit kata kunci tersebut untuk meraih posisi pertama hasil pencarian.

 

Baca Juga : MOZ Pro Walkthrough Overview

 

4. My backlink

My Backlink Diib

My Backlink Diib

Berisi informasi mengenai

  • Total Number of Backlinks : Jumlah suatu backlink dari suatu situs web
  • Referring domains : jumlah total situs web yang terhubung ke situs web Anda
  • Link : Followed Links (Links yang tidak memiliki nofollow tag), link jenis ini akan di crawled oleh search engines. Nofollow Links Links yang menginstruksikan crawalers untuk tidak mengikuti/follow suatu halaman atau link tertentu.
  • Backlink : Berisi list dari suatu backlink yang mengarah ke situs web Anda
  • Anchor Text : Teks tautan, label tautan, atau teks tautan adalah teks yang terlihat dan dapat diklik dalam hyperlink HTML
  • Spammy backlink : list backlink yang bersifat spam

 

5. My Competitor

My Competitr Diib

My Competitr Diib

Tools yang berfungsi untuk menganalisis suatu stus web dengan beberapa competitor kita mulai dari keywords (Google rank, traffic, monthly volume, ranking difficult)  total keywords, backlink (website authority, anchor text, target URL) , total backlink, follow/no follow ratio

 

6. Social Analytics

Social Analytics Diib

Social Analytics Diib

 

Berfungsi untuk menganalisis Reach dan Engagement dari situs social media, mulai dari post performance, Performance By Post Type, Best Time to Post, Demography of Your Fans, net likes, total reach

 

7. All website

All Website Diib

All Website Diib

Menampilkan list semua website yang kita Kelola beserta informasi mengenai total health score, visits, previous periods

 

8. Services

Berisi Langkah Langkah dan informasi mengenai cacra meningkatkan SEO Growth

Seperti Saving Authority Boost (Improve DA) , Saving Content Blast Improve Keywords Rank)

 

Sesi QnA

 

1. Apa yang dimaksud dengan keterangan “Hardest” pada Keywords Rangking Difficulty?

 

Keywords Difficulty yaitu tingkat kesulitan dari suatu keywords (atau “persaingan”). Keyword difficulty menunjukkan tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk berada di halaman pertama hasil pencarian. Keywords yang dapat memberikan dampak baik ke website yaitu

 

  1. Keywords dengan volume tinggi (high search volume)
  2. Tingkat kesulitan, semakin sulit “Hardest” suatu keywords, maka akan semakin sulit keywords tersebut untuk meraih posisi pertama di hasil pencarian.

 

2. Apakah Dofollow dan Nofollow Ratio memberika effect terhadap ranking suatu website?

 

Backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Pada dasarnya backlink adalah tautan pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain.

Backlink juga mempunyai banyak jenis, berikut adalah beberapa jenis yang mungkin bermanfaat bagi situs Anda:

 

  • Guest post backlink — terjadi saat Anda menulis guest post untuk situs web lain. Ini memungkinkan Anda untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan website Anda.
  • Do-follow backlink — backlink dofollow memberitahu mesin pencari untuk memperhatikan backlink ke score SEOnya.
  • No-follow backlink — nofollow backlink memberitahu mesin pencari untuk mengabaikan backlink tersebut dan tidak menghitungnya ke score SEO.

 

Backlink yang menuju homepage sangat diperlukan untuk membantu meningkatkan traffic ke website Anda, namun bila SEO Homepage Anda sudah sudah bagus diSERP dan terindex lama, carilah backlink yang mengarah ke bagian artikel yang Anda buat bisa dengan cara share artikel anda ke media sosial dll.

 

3. Bagaimana Cara menghapus Spammy Backlink Menggunakan Tools Diib?

 

Bila anda adalah pengguna Diib Pro Anda bila melihatnya paga bagian Objective. Atau bisa juga dengan melakukan Disavow Backlink menggunakan Google Search Console

 

4. Bagaimana cara mengatasi issue yang ada pada Menu “Alerts” ?

 

Alerts pada Diib hanya menunjukan informasi mengenai issue yang ada dalam suatu website. Bila Anda sudah mengikuti cara yang ada pada bagian Objective dan sudah selesai melakukan perbaikan dari issue di bagian Alerts ini maka terkadang keterangan Alerts ini tetap masi ada

 

Demikian informasi mengenai Tools yang ada di Diib. Semoga Bermanfaat. Kunjungi Website Resmi Telkom University untuk informasi lainnya.

2 Komentar

  • Trims infonya min bermanfaat untuk diujicoba.

    dafmon Reply
    • Semoga bermanfaat

      meilinaeka Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.