Aplikasi Layanan Kesehatan MyBidan Telkom University

Aplikasi Layanan Kesehatan MyBidan Telkom University

Bandung, Telkom University – Satu Lagi Aplikasi Layanan Kesehatan yang berhasil diciptakan oleh Para Mahasiswa Telkom University yaitu Bernama My Bidan. MyBidan merupakan aplikasi berbasis web yang berfungsi memberikan informasi & mengedukasi dan juga monitoring kesehatan balita dan ibu hamil. Dengan memanfaatkan platform MyBidan ini harapannya dapat mengantisipasi adanya stunting sedari dini. Aplikasi MyBidan ini merupakah hasil dari kompetisi Innovillage yang merupakan suatu kompetensi sociopreneurship anatar PT Telkom Indonesia dengan Telkom University.

Baca Juga : Kenali Program Layanan Kesehatan Vaksinasi Telkom University

Aplikasi Layanan Kesehatan Telkom University

MyBidan Features

Melalui program ini Telkom University mampu menciptakan suatu aplikasi Layanan Kesehatan yang dapat memberikan manfaat terhadap Layanan Kesehatan yang ada dilingkugan kampus Telkom University, serta memberikan solusi bagi masyarakan sekitar kampus untuk membatu meningkatkan kualitas Kesehatan. Latar belakang dari pembuatan aplikasi MyBidan ini yaitu karena semakin banyak permasalahan stunting yang ada di Indonesia. Diman a Stunting sendiri merupakan suatu kondisi dimana tinggi badan anak berada di bawah standar dan disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  1. Informasi pengetahuan ibu hamil yang terbatas.
  2. Masih kurang pedulinya akan permasalahan gizi.
  3. Bidan masih melakukan pencatatan secara manual dan sangat memungkinkan adanya human error.
  4. Sosialisasi yang telah diadakan oleh desa saat ini belum memiliki impact yang besar.
  5. Kondisi pandemic covid-19 yang membuat pertemuan atau program kelas ibu hamil

Aplikasi MyBidan ini di diciptakan oleh mahasiswa Prodi S1 Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri yaitu oleh Tim Al Jazari yang beranggotakan Muhammad Ilham Alhari (SI 2018), Widia Febriyani (SI 2017) dan Wader Trisepa Jonson (SI 2018) dengan dosen pembimbing lomba yaitu Asti Amalia Nur Fajrillah. Ide program ini kemudian di kembangkan dalam proposal social project dan video.

Aplikasi Layanan Kesehatan Telkom University

MyBidan Innovillage Awards

Baca Juga : Langkah Klinik Kesehatan Telkom University di Era Covid-19

Di kopetensi Innovillage sendiri Aplikasi Layanan Kesehatan Telkom University MyBidan ini berhasil meraih juara pertama dan masuk ke 100 proposal terpilih yang kemudian akan lanjut ke tahap implementasi. Saat ini Aplikasi Layanan Kesehatan MyBidan ini mulai diimplementasikan disalah satu instansi Kesehatan di Kota Sragen Jawa Tengah yaitu Puskesmas Mondokan juga diimplementasikan di Kota Bandung melalui Program TANGINAS (Tanggap Stunting dengan Penanganan Aman dan Sehat). Selain adanya pengimplementasian aplikasi, pihak Telkom University juga melakukan sosialisasi door to door ke rumah warga setempat dan memberikan edukasi pentingnya pencegahan stunting sejak dini.

Baca Juga : Robot Pelayan Pasien Telkom University Di Era Pandemi Covid-19

Harapan dari diciptakannya Aplikasi MyBidan ini Telkom University dapat terus berinovasi dalam mendukung Layanan Kesahatan di Lingkungan kampus dan turut ikut serta dalam memajukan teknologi Kesehatan yang ada di Indonesia.

MyBidan Telkom University Health Service Application

MyBidan Telkom University Health Service Application

Bandung, Telkom University – Another Health Service Application that was successfully created by Telkom University Students is My Midwife. MyBidan is a web-based application that functions to provide information & educate as well as monitoring the health of toddlers and pregnant women. By utilizing the MyBidan platform, it is hoped that it can anticipate stunting from an early age. This MyBidan application is the result of the Innovillage competition which is a sociopreneurship competency between PT Telkom Indonesia and Telkom University .

Read also: Get to know the Telkom University Vaccination Health Service Program

Telkom University Health Service Application

MyBidan Features

Through this program, Telkom University is able to create a Health Service application that can provide benefits to existing Health Services within the Telkom University campus , as well as provide solutions for the community around the campus to help improve the quality of Health. The background of making the MyBidan application is because there are more and more stunting problems in Indonesia. Where a Stunting itself is a condition where the child’s height is below the standard and is caused by the following factors:

  1. Limited knowledge of pregnant women.
  2. They still don’t care about nutrition problems.
  3. Midwives still do the recording manually and it is very possible for human error.
  4. The socialization that has been held by the village at this time has not had a big impact.
  5. The condition of the covid-19 pandemic that makes a meeting or class program for pregnant women

The MyBidan application was created by students of the Information Systems S1 Study Program , Faculty of Industrial Engineering, namely by the Al Jazari Team consisting of Muhammad Ilham Alhari (SI 2018), Widia Febriyani (SI 2017) and Wader Trisepa Jonson (SI 2018) with the competition supervisor, Asti Amalia Nur Fajrillah. The idea for this program is then developed in a social project proposal and video.

Telkom University Health Service Application

MyBidan Innovillage Awards

Read also: Steps of Telkom University Health Clinic in the Covid-19 Era

In the competence of Innovillage itself, the Telkom University MyBidan Health Service Application won first place and entered the 100 selected proposals which would then proceed to the implementation stage. Currently, the MyBidan Health Service Application has begun to be implemented in one of the health agencies in Sragen City, Central Java, namely the Mondokan Health Center which is also implemented in Bandung City through the TANGINAS Program (Stunting Response with Safe and Healthy Handling). In addition to implementing the application, Telkom University also conducted door-to-door outreach to local residents’ homes and provided education on the importance of stunting prevention from an early age.

Read also: Telkom University Patient Service Robot in the Covid-19 Pandemic Era

It is hoped that from the creation of the MyBidan Application, Telkom University can continue to innovate in supporting Health Services in the campus environment and participate in advancing Health technology in Indonesia.

https://it.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.