Alat Kesehatan Telkom University Di Era Pandemi Covid-19

Alat Kesehatan Telkom University Di Era Pandemi Covid-19

BANDUNG, TEL-U –Telkom University terus mengevaluasi kualitas Layanan Kesehatan yang diberikan kepada seluruh mahasiswa dan civitas akademikanya. Hal ini bertujuan agar mutu Layanan Kesehatan dapat terus ditingkatkan. Terlebih Telkom University merupakan salah satu PTS unggulan nomor 1 di Indonesia, dengan jumlah mahasiswa yang sangat banyak dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negri. Hal ini menjadi catatan penting bagi Telkom Universty untuk memjamin dan meningkatkan kesehatan seluruh mahasiswa dan civitas akademik di dalamnya. dengan harapan mahasiswa selalu dalam kondisi sehat, baik fisik maupun mental-rohani, agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan dengan baik. Salah satu Langkah yang diambil Telkom University dalam mewujudkan peningkatan Layanan Kesehatan ini yaitu bekerjasama dengan salah satu penyedia Layanan Kesehatan Telkom Group, yaitu Telkomedika yang saat ini mendirikan satu cabang klinik Kesehatan di lingkungan kampus bernama Klinik Pratama.

Apa itu Dentpro (Dentist Protective) Telkom University dan Bagaimana Cara Kerjanya?

 

Dentpro (Dentist Protective) Telkom University

Dentpro (Dentist Protective) Telkom University

 

Dentpro (Dentist Protective) adalah suatu alat yang hadir dengan suatu mesin vacuum aerosol serta droplets memanfaatkan HEPA filter sterilisasi bakteri serta sinar UV-C sanitizer. Cara kerja dari Dentpro ini melalui mesin vacuum dengan daya sedot tinggi yang dihubungkan dengan jalur tertentu pada beberapa box. 

Jadi secara umum cara kerja sinar UV-C sanitizer dari box 1 dibagi menjadi dua titik, kemudian akan terhubung pada box 2 sinar UV-C sanitizer dan HEPA filter sebagai suatu filter sterilisasi bakteri yang terdapat pada ruangan. 

Sistem vacuum droplets juga sistem vacuum sedot aerosol dihubungkan pada posisi rongga mulut pasien secara langsung ketika dokter sedang melakukan pemeriksaan rongga mulut. Alat ini diketahui dibangun dengan berbagai macam percobaan selama kurun waktu 4 bulan lebih dibantu oleh tim dosen dari Fakultas Industri Kreatif dan Fakultas Teknik Elektro. Juga mahasiswa kedokteran beberapa sudah terlibat dalam proses pembangunan dan percobaan Dentpro ini.

Uji Coba alat Dentpro (Dentist Protective) Telkom University

Dalam peluncuran pertamanya Dentpro pertama kali digunakan dan diuji coba di Klinik Kesehatan Pratama Telkomedika Telkom University. Untuk dapat digunakan oleh Dokter Gigi Klinik Pratama Telkomedika Telkom University. Alat ini sangat berperan dalam mewujudkan misi Telkom University yaitu menjamin dan meningkatkan mutu layanan Kesehatan untuk seluruh mahasiswa dan civitas akademika didalamnya.

Menurut Dosen Fakultas Industri Kreatif Telkom University Hardy Adiluhung, saat uji coba Alat Dentpro ini mendapat respon baik dari pihak Klinik Pratama Telkom Medika Telkom University, selain alat ini juga mendapat dukungan penuh dari perkumpulan dokter gigi di Universitas Airlangga Surabaya.

Ke depan, diharapkan alat Dentpro (Dentist Proactive) ini dapat terus dikembangkan dan digunakan oleh dokter gigi di seluruh Indonesia. Hal ini menjadi bentuk kontribusi Telkom University untuk memajukan layanan Kesehatan baik yang ada dilingkungan kampus maupun bagi dunia medis di Indonesia khususnya dunia kedokteran gigi.

 

Baca Juga 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.