Panduan Mengatur MFA Authenticator untuk Login Office 365 ke Beberapa Device

Categories

MFA , Microsoft , Office 365

MultiFactorAuthentication (MFA) merupakan metode otentikasi yang mengharuskan pengguna untuk menyediakan dua atau lebih faktor verifikasi untuk mengakses aplikasi Office 365. Terkadang kita menggunakan akun utama sebuah unit maupun tim dalam mengakses office.com dan akun digunakan oleh beberapa user sekaligus. Namun, dikarenakan adanya verifikasi membuat beberapa user kesulitan untuk login. Agar akun office 365 dapat digunakan untuk login ke beberapa device, maka kita perlu mengaktifkan pengaturan verifikasi MFA dengan aplikasi authenticator agar Ketika login kita tidak perlu berpangku pada satu user yang memegang akun verifikasi A.

Langkah – Langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan pengaturan MFA Authenticator  :

  • Masuk ke halaman https://office.com kemudian login menggunakan akun 365 domain Telkom University
  • Jika sudah berhasil login dan masuk ke halaman portal office.com, klik pada profile anda kemudian pilih Lihat Akun/My Account

portal office 365

  • Pada halaman Akun, klik menu Info Keamanan atau Security

Masuk ke menu keamanan

  • Klik Tambahkan Metode Masuk, lalu pilih Aplikasi Authenticator

tambahkan metode authenticator

  • Klik tambah untuk menambahkan metode aplikasi otentikator

tambahkan metode authenticator

  • Klik pada tombol “Saya ingin menggunakan aplikasi otentikaor lain” jika ingin menggunakan aplikasi google authenticator maupun otentikator lainnya, lalu klik tombol Berikutnya/Next. Disarankan untuk menggunakan google authenticator agar tidak perlu melakukan login di aplikasi authenticatornya.

MFA Authenticator

  • Install aplikasi otentikator, kemudian klik Berikutnya/Next

Siapkan google authenticator

  • Klik pada tombol “Tidak dapat memindai gambar” atau “Can’t scan qr code” untuk memunculkan secret key

Memunculkan Secret Key

  • Maka akan muncul alamat akun anda (email anda) dan secret key yang nantinya dapat dibagikan ke user lain yang ingin melakukan login ke akun Office 365 tersebut. Alamat akun atau email anda dan secret key ini wajib diinputkan ke google authenticator untuk memunculkan kode verifikasi.

Secret Key untuk MFA Authentication

*Secret key bukanlah kode verifikasi yang dapat digunakan untuk login, secret key merupakan kode yang digunakan untuk memunculkan kode verifikasi pada google authenticator. Lalu kode verifikasi yang muncul dari Google Authenticator dapat digunakan untuk login*

  • Jika sudah berhasil mendapatkan secret key, buka aplikasi google authenticator anda, kemudian pilih “Masukkan kunci penyiapan” atau input “Enter a setup key

input secret key ke google auth

  • Masukkan detail akun seperti alamat email pada kolom Akun dan setup key pada kolom Kunci. Lalu klik Tambahkan

input secret key ke google auth

  • Maka pada halaman utama google authenticator, akan muncul kode verifikasi. Kode verifikasi inilah yang dapat digunakan untuk verifikasi login. Kode verifikasi ini akan selalu muncul di google authenticator anda selama anda belum menghapusnya.

Kode verifikasi

  • Masukkan kode verifikasi tersebut untuk melanjutkan proses pengaktifan MFA akun anda, lalu klik Next/Berikutnya

input kode verifikasi

  • Jika berhasil diaktifkan, maka akan muncul notifikasi berhasil dan aplikasi authenticator juga muncul di menu info keamanan/security

MFA Authenticator Aktif

  • Selanjutnya, lakukan login ke akun anda. Kemudian Ketika dimintai kode verifikasi login. Bagikan secret key dan alamat email anda tadi ke user yang ingin login lalu ikuti Langkah 10 hingga 12 untuk memunculkan kode verifikasi login dengan google authenticator. 

Input kode verifikasi login

Demikian Panduan Mengatur MFA Authenticator untuk Login Office 365 ke Beberapa Device agar dapat login bersamaan ke beberapa device. Pastikan untuk menyimpan Secret Key anda untuk digunakan oleh rekan lain yang ingin melakukan login tanpa harus menonaktifkan MFA dan berpaku pada pemegang verifikasi. Semoga membantu. Terima kasih.

Baca juga: Panduan aktivasi MFA dengan Aplikasi Authenticator Google maupun Microsoft 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.